Perhitungan dan Rincian Modal Usaha Coffee Shop Sederhana

Usaha coffee shop sampai saat ini masih banyak dilirik. Ada banyak orang yang masih tertarik untuk menjalankan usaha di bidang ini dengan berbagai macam pertimbangan. Jika Anda pun salah satu yang tertarik, namun tetap Anda harus ingat bahwa perhitungan dan rincian modal usaha coffee shop sederhana perlu Anda hitung.

Dengan perhitungan yang tepat tentu saja resiko usaha Anda mengalami kebuntuan dapat diminimalisir. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda tentang perhitungan dan rincian yang tepat terkait modal usaha coffee shop sederhana!

Rincian Modal Usaha Coffee Shop Sederhana

Bagi Anda yang berniat untuk membuka usaha coffee shop sederhana, berikut kami ulas informasi selengkapnya tentang modal yang perlu dipersiapkan. Tentu saja untuk jenis usaha fisik yang satu ini, Anda perlu bangunan sebagai tempat Anda jualan sehingga total modal yang Anda harus persiapkan untuk mulai menjalankannya sekitar di atas 10 jutaan rupiah.

Apa sajakah modal yang perlu dipersiapkan beserta perhitungan dan rincian modal usaha coffee shop sederhana tersebut? Rinciannya sebagai berikut :

Biaya real estate atau bangunan

Karena Anda akan menjual produk fisik dalam hal ini warung kopi atau coffee shop, Anda tentu butuh menyewa tempat sebagai lokasi usaha Anda. Jika memang Anda sudah memiliki tempat sendiri tanpa harus menyewa tentu saja Anda bisa meminimalisir atau bahkan memangkas biaya ini.

Akan tetapi jika Anda masih belum punya tempat usaha maka Anda harus menyisihkan budget setidaknya 10 juta rupiah untuk menyewa tempat. Apakah tidak bisa lebih murah? Bisa banget! Caranya adalah dengan membuka coffee shop sederhana dengan membuat tenant kemudian menyediakan bangku tempat duduk dan menjual kopi Anda di tempat keramaian tanpa menyewa tempat.

Sudah banyak kok sekarang ini lokasi coffee shop tenant di berbagai tempat yang membuat Anda bisa membuka warung kopi namun tetap meminimalisir biaya – biayanya. Dengan konsep yang kedua, Anda mungkin hanya butuh budget sekitar 2 – 3 juta saja untuk mengcreate tenantnya.

Biaya peralatan

Peralatan kopi juga perlu Anda miliki. Ada banyak peralatan yang Anda butuhkan dan harus Anda siapkan di antaranya :

  • V60
  • Syphon
  • Frensh Press
  • Mesin espresso
  • Grinder
  • Scale
  • Milk Streamer
  • Milk Jug
  • Glassware
  • Silverware
  • Blender
  • Kulkas kecil

Dan masih banyak lagi lainnya. Namun mengenai peralatan tersebut Anda butuh dana kurang lebih sekitar 7 – 9 jutaan rupiah untuk melengkapi semuanya.

Bahan baku produk

Karena Anda menjual produk fisik, maka tentu saja Anda butuh bahan minuman yang juga perlu dipersiapkan. Bahan – bahan minuman yang dimaksud terdiri atas kopi dan susu dengan budget persiapan sekitar 1,2 jutaan rupiah.

Biaya pegawai

Jika memang Anda tidak bisa menjaga usaha Anda sendiri misalkan karena kesibukan atau lain hal, Anda membayar pegawai. Maka Anda juga harus mempertimbangkan tentang bagaimana Anda membayar pegawai tersebut.

Anda perlu siapkan budget per bulan sekitar 900 – 1 juta rupiah untuk membayar pegawai yang bekerja di tempat Anda. Jika Anda butuh 2 pegawai itu artinya dalam satu bulan Anda harus menyiapkan budget 1,8 juta sampai dengan 2 juta rupiah. Namun jika memang menurut Anda satu pegawai saja sudah cukup misalkan, maka Anda bisa meminimalisir biaya tersebut dalam usaha coffee shop sederhana Anda.

Biaya lain – lain

Biaya variabel lainnya ini terdiri atas biaya listrik 13 VA, biaya perizinan usaha perseorangan, dan sebagainya dengan anggaran yang harus Anda persiapkan kurang lebih 2,2 juta rupiah per bulan.

Itulah beberapa aspek penting yang berkaitan dengan perhitungan dan rincian modal usaha coffee shop sederhana yang perlu Anda pahami dan tahu. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang bermanfaat dan inspiratif khususnya bagi Anda yang berniat untuk membuka usaha coffee shop sederhana.