Cara Mengatasi Emulator Android Lemot Terbaru 2022

Cara Mengatasi Emulator Android Lemot Terbaru 2022 – Main game bisa dibilang sebagai salah satu aktivitas yang paling disukai hampir oleh semua orang. Apalagi saat ini sudah semakin beragam game seru yang bisa dimainkan, baik itu di PC/laptop, smartphone maupun konsol. Game yang disediakan ini terdiri dari berbagai genre yang bisa Anda pilih sesuai keinginan dan selera.

Game android khususnya memiliki daya tarik yang kuat untuk dimainkan. Yang menarik lagi, sekarang ini kita bisa memainkan game android di perangkat PC atau laptop. Caranya yang dengan menggunakan emulator android. Akan tetapi, terkadang penggunaan emulator android ini sangat lemot di PC atau laptop. Berikut ini cara mengatasi emulator android lemot terbaru 2022 yang bisa coba Anda terapkan!

4 Cara Mengatasi Emulator Android Lemot Terbaru 2022

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kenapa emulator android terasa lambat, bahkan ngadat saat digunakan untuk bermain game di PC atau laptop. Khususnya untuk permainan game berbasis online, game yang dijalankan di emulator tersebut sering lag. Adapun cara mengatasi emulator android lemot selengkapnya, sebagai berikut:

1. Pilih Emulator yang Ringan

Kebanyakan emulator android untuk PC ini memiliki kapasitas yang cukup besar, sehingga butuh spesifikasi tinggi agar bisa lancar menjalankannya. Jika ternyata PC atau laptop yang Anda gunakan memiliki spesifikasi standar, sebaiknya pilih emulator android yang ringan. Namun, biasanya emulator android ringan ini dibekali dengan fitur yang terbatas dan dibekali dengan OS Android versi lawas.

Salah satu emulator android ringan yang bisa Anda gunakan yakni bernama Nox Player Emulator. Aplikasi emulator android ini bahkan bisa Anda gunakan secara gratis. Berbagai game dan aplikasi sudah support dengan emulator tersebut.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Cara lainnya yang diklaim bisa memperlancar emulator android di PC yakni dengan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan. Kebanyakan pengguna memang terlalu banyak menginstall aplikasi atau software di perangkat komputernya. Hal ini tentunya akan menurunkan kinerja RAM, apalagi jika Anda menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Sebaiknya hapus saja software atau aplikasi yang jarang Anda gunakan. Selain itu, lakukan pembersihan cache atau sampah yang tersimpan di penyimpanan komputer menggunakan software cleaner.

3. Mengatur Alokasi RAM untuk Emulator

Trik untuk mengatasi emulator android lemot di PC atau laptop selanjutnya yakni dengan mengatur alokasi RAM pada emulator. Atur kapasitasnya tersebut ke tingkat lebih tinggi agar emulator lebih leluasa menggunakan ruang di RAM. Sehingga cara ini akan sedikit membantu agar emulator android bisa berjalan lancar di komputer.

Untuk menaikkan penggunaan ruang RAM untuk emulator ini sendiri bisa Anda lakukan langsung melalui menu Pengaturan di emulator. Jangan terlalu banyak menaikkan alokasi RAM, maksimal hingga 50% dari kapasitas total RAM.

4. Memanfaatkan Kartu Grafis untuk Menjalankan Emulator Android

Pada perangkat laptop terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan dual GPU untuk memaksimalkan performanya. Anda bisa memanfaatkan GPU tersebut sebagai pemrosesan dari emulator android. Jadi, yang semula CPU menjadi pemrosesan emulator, sekarang tugasnya dialihkan ke GPU.

Untuk pengaturannya ini sendiri bisa disesuaikan dengan jenis GPU atau kartu grafis yang Anda gunakan. Misalnya saja laptop menggunakan GPU Nvidia, maka pengaturannya ini bisa dilakukan melalui Nvidia Control Panel. Sementara untuk pengguna GPU AMD Radeon, maka bisa melalui Radeon Settings.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi emulator android lemot terbaru 2022 yang mudah dan praktis bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.