Cara Mencari Investor untuk UMKM yang Tepat

Cara Mencari Investor untuk UMKM yang Tepat

Investor memiliki peranan penting bagi UMKM karena akan membantu menanamkan modal demi kemajuan bisnis. Akan tetapi, Anda tidak boleh sembarangan dalam mencari investor agar tidak menjadi masalah kedepannya. Simak cara mencari investor untuk UMKM yang tepat sebagai berikut.

Membuat Proposal dan Mempresentasikannya dengan Menarik

Langkah pertama yang harus dilakukan UMKM sebelum mencari investor, yaitu membuat proposal dengan semenarik mungkin. Proposal tersebut akan menjelaskan tentang usaha yang sedang dijalankan secara lengkap, mulai dari perencanaan hingga proyeksi keuangan.

Pada proposal ini Anda harus mencatumkan segala informasi yang dibutuhkan oleh investor, seperti riwayat performa usaha misalnya. Setelah itu, saatnya Anda untuk mempresentasikan proposal di depan calon investor dengan semenarik mungkin.

Pastikan Anda menguasai seluruh materi di proposal yang akan dipresentasikan agar bisa menyakinkan oleh investor. Selain itu, jawab pertanyaan yang diberikan dengan pasti agar investor menjadi tertarik untuk menginvetasikan dananya di UMKM Anda .

Menjelaskan Resiko Usaha, Potensi Keuntungan, dan Strategi Bisnis

Berikutnya, ada beberapa hal juga yang perlu dijelaskan kepada investor, antara lain resiko usaha, potensi keuntungan, dan strategi bisnis. Resiko usaha ini perlu dijelaskan agar investor tahu apa permasalahan yang kemungkinan akan dihadapi UMKM, sehingga bisa memberikan saran.

Sementara potensi keuntungan penting dijelaskan karena berkaitan dengan pengembangan usaha kedepannya. Selain itu, investor juga akan lebih yakin ketika akan menanamkan dananya karena dengan menjelaskan potensi keuntungan, UMKM bisa sekaligus menjelasakan perkiraan jumlah bunga.

Tak hanya itu, di balik kesuksesan UMKM tentu saja harus diimbangi dengan startegi bisnis yang tepat untuk bisa mencapai target pasar. Anda harus bisa menyakinkan investor bahwa UMKM memiliki strategi bisnis yang jitu agar seluruh perencanaan dan targetnya bisa dicapai.

Membuat Laporan Keuangan yang Matang

Membuat laporan keuangan dengan matang merupakan langkah berikutnya dalam cara mencari investor untuk UMKM yang tepat. Hal ini karena laporan keuangan UMKM akan dilihat oleh investor guna mengetahui kemampuan finansial bisnis sekaligus perputarannya.

Buatlah laporan keuangan sesuai dengan strandar UMKM yang terdiri dari neraca, beban biaya oprasional, laba rugi, cash flow, serta pendapatan bulanan dan tahunan. Selain itu, buat juga laporan perpajakan dari UMKM selama beberapa periode terakhir.

Salah satu jenis laporan yang harus diperhatikan denagn seksama oleh UMKM adalah cash flow. Sebab, melalui laporan ini, investor akan mengetahui apakah aliran keuangan perusahaan berjalan lancar. Apabila cash flow tersebut bagus, maka investor bisa yakin jika UMKM ini menguntungkan.

Banyak mengikuti Workshop dan Pameran

Selanjutnya, banyak mengikuti workshop atau pameran juga akan memperbesar peluang Anda untuk bertemu dengan calon investor. Sebab, banyak investor yang akan datang ke tempat pameran untuk melihat ide bisnis menarik.

Investor yang datang ke pameran atau workhsop tentu saja melihat potensi bisnis yang layak untuk dijadikan sebagai lahan menanam modal. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk menunjukkan sisi terbaik dari UMKM ketika mengikuti pameran atau workshop.

Mencari Investor Sesuai dengan Kriteria Usaha

Terakhir, Anda harus mencari investor yang sesuai dengan kriteria UMKM saat ini agar lebih mudah dalam menjalin komunikasi. Hal ini karena calon investor juga akan memilih UMKM yang sesuai dengan kapasitasnya untuk didanai.

Cara mencari investor untuk UMKM yang tepat satu ini sangat penting diperhatikan karena nantinya berhubungan dengan apakah pihak tersebut akan terlibat dalam kegiatan operasional usaha atau tidak. Anda juga harus mencari tahu bagaimana kondisi terkini investor dengan melakukan riset.