Bisnis Offline yang Menguntungkan di Kampung

Tinggal di kampung bukan berarti tidak bisa memulai suatu bisnis. Bisnis offline yang menguntungkan di kampung banyak kok yang bisa dijalankan. Orang kampung memang tidak akan terlalu tertarik dengan makanan kekinian yang dijual atau apapun yang berlandaskan tren meski tidak menutup kemungkinan usaha semacam itu berhasil juga dijalankan di kampung.

Lebih jelasnya tentang bisnis offline yang menguntungkan di kampung, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi lengkap dan menariknya khusus untuk Anda. So, let’s check these out!

5 Bisnis Offline yang Menguntungkan di Kampung 

Mau memulai bisnis di kampung coba 5 usaha beriktu ini.

1. Toko kelontong

Dimana saja yang namanya bahan makanan pokok seperti beras, gula, gula merah, sabun, dan sebagainya itu pasti dibutuhkan karena merupakan bahan sehari – hari yang harus dipenuhi. Bahkan termasuk orang kampung pun butuh bahan – bahan tersebut.

Nah, jika Anda punya modal dan tempat kosong, Anda bisa mulai membuka toko kelontong di kampung. Utamanya jika di sekitar rumah Anda masih belum ada yang membuka usaha toko kelontong, itu artinya Anda sudah bisa mulai  usaha ini dan mendapatkan banyak keuntungan dari usaha yang satu ini.

2. Usaha ternak

Usaha ternak juga tentu saja menjadi salah satu bisnis offline yang menguntungkan di kampung yang bisa dijalankan. Utamanya jika Anda sudah punya pemasok yang akan menampung daging, telur atau produk ternak Anda.

Tentu akan lebih mudah karena Anda tidak butuh repot mencari pemasok untuk membeli hasil ternak Anda ketika sudah berjalan nantinya. Banyak usaha ternak yang bisa dimulai di kampung mulai dari usaha ternak ayam, ternak kambing, ternak ulat sutera, ternak burung dan sebagainya. 

3. Pom bensin mini

Semua orang  tentu tahu bahwa BBM merupakan kebutuhan penting bagi pengendara motor. Sementara itu kebutuhan SPBU sampai saat ini masih tidak menjangkau semua lokasi utamanya di desa – desa.

Oleh karena itu jika Anda tinggal di kampung, maka sekarang sudah mulai bisa menjalankan bisnis offline yang menguntungkan di kampung utamanya jika memang lokasi rumah Anda sudah di pinggir jalan maka memulai usaha yang satu ini akan sangat mudah.

4. Usaha warung kopi atau coffee shop

Membuka usaha warung kopi di desa juga sangat bisa dicoba. Utamanya warga desa yang utamanya memang suka kopi, pasti dengan hadirnya coffee shop akan lebih antusias meramaikannya. Namun catatan yang harus Anda tahu, bahwa pendapatan perkapita warga desa tidak terlalu besar sehingga untuk memulai menjalankan usaha warung kopi atau coffee shop ini harus mempertimbangkan juga segi harga.

Jangan terlalu mahal bahkan meski Anda sudah menyiapkan tempat ngopi yang nyaman karena akan sulit mengcover keinginan dan kebutuhan ngopi orang di kampung Anda.

5. Jasa laundry

Bukan hanya di kota saja orang – orang banyak yang sibuk dan membutuhkan jasa laundry, bahkan di desa pun dibutuhkan. Jasa laundry memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin pekerjaan rumahnya praktis dan irit.

Jika Anda memang memiliki mesin cuci di rumah, tentu usaha ini bisa mulai Anda jalankan. Anda bisa membuat banner yang menginformasikan bahwa Anda membuka usaha jasa laundry. Cara promosinya pun mudah.

Berikan pelayanan dan service terbaik supaya usaha Anda bisa kebanjiran order. Buat juga promosi di sosial media atau promosi yang lain agar customer mengenal Anda dan lebih banyak customer juga yang datang kepada Anda meminta jasa Anda.

Itulah beberapa ide bisnis offline yang menguntungkan di kampung dan bisa Anda jalankan. Dapatkan pengalaman bisnis yang sangat menguntungkan dengan menjalankan salah satu ide bisnis di atas.