Arsip Kategori: Saran

8 usaha yang jarang tapi dibutuhkan Sekali

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan – Seiring berkembangnya berbagai bisnis dan usaha ini banyak sekali ide-ide yang kreatif bermunculan yang bahkan tidak terpikirkan oleh kita sama sekali. Siapa sangka usaha itu malah bisa menghasilkan Omzet jutaan rupiah bahkan bisa membuat kita kaya raya.

Apakah kalian tahu ternyata masih banyak Usaha yang jarang tapi sangat dibutuhkan sekali. tapi terkadang kita susah sekali untuk memikirkannya kira-kira apa usaha tersebut. untuk itu kami tertunda.com akan berbagi tentang ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan saat ini.

Sebelum lanjut mengenai usaha apa yang akan kami rekomendasikan alangkah baiknya kita mengenal apa itu usah yang jarang. Usaha yang Jarang maksudnya iyalah usaha yang belum banyak orang buka atau masih sedikit yang membuka usaha tersebut. jadi masih terdapat banyak sekali peluang untuk menjadi maju.

Contoh misalnya, Di desa anda hanya satu toko saja yang membuka perlatan dapur atau pecah bela. nah itu bisa disebut usaha yang jarang di desa anda. anda dapat membuka toko seperti itu. terlebih lagi toko ini sangat jarang di desa dan sangat dibutuhkan menurut kami.

Itulah sekilas tentang pengetian dan contoh usaha yang jarang tapi dibutuhkan. mari kita lanjut lagi ide usaha apa saja yang sekarang ini sedang dibutuhkan tapi masih jarang yang buka.

Contoh ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan Sekali

usaha yang jarang tapi dibutuhkan

1. Bumbu Makanan yang Siap Masak

Usaha yang satu ini mungkin terdengar masih awam bagi kita suma, tapi apakah kalian tau ide bisnis ini memiliki peluang yang cukup bagus untuk anda coba sperti di pasar tradisional atau di pedesaan.

2. Membuat Kerajinan Tangan

Usaha yang bisa anda coba selanjutnya iyalah kerajinan tangan. memang sudah banyak orang yang mencoba usaha yang satu ini. tapi jangan salah, di usaha ini sangat dibutuhkan apabila anda bisa membuat suatu kerajinan yang sangat menarik dan mempunyai nilai jual yang tinggi.

3. Jamu seduh Modern

Jaman modern sangat sulit mencari jamu seduh. kalian bisa membuka usaha ini didepan pasar. usaha jamu seduh ini menjadi salah satu usaha yang jarang tapi sangat dibutuhkan sekali karena jamu adalah salah satu kebutuhan untuk tubuh kita agar sehat.

4. Menyewakan Berbagai Barang

Menyewakan barang-barang seperti Kamera, Baju Pengantin, Dekorasi, Kotak Seserahan dan masih banyak lainya. merupakan ide bisnis yang menjanjikan untuk anda yang memiliki modal besar. usaha ini sangat menjanjikanloh. kalian bisa meraup untung Sepuluh sampai 20 juta, jika menyewakan Dekorasi untuk pernikahan.

5. Jasa Pembersih

Jika anda hidup di kota besar anda dapat membuka usaha Jasa Kebersihan, peluang usaha di bidang kebersihaan ini cukup menjanjikan jika dibuka di kota-kota besar. melihat gaya hidup dan kesibukan orang-orang dikota mereka banyak yang tidak sempat untuk membersihkan tempat tinggal mereka tau barang-barang lainya yang sekiranya harus selalu dibersihkan.

Nah disini anda dapat menawarkan jasa tersebut kepada orang-orang itu. anda dapat mempromosikan usaha anda dengan menyebar selembaran.

6. Penulis Sebuah Website

Usaha berikut ini bagi admin adalah usaha yang sangat begitu menjanjikan, apalagi kalian suka menulis dan mengarang. Dengan menjadi Penulis di sebuah media atau menjual hasil tulisan anda ke para pemilik website anda bisa mendapatkan uang yang banyak dan cepat. karena jika tulisan kita di minati oleh mereka biasanya mereka langsung membelinya.

Jika anda mencari bisnis yang lagi trend untuk anak muda, menjadi penulis adalah jawabanya. sekarang ini banyak Content writer dari kalangan muda. bahkan mereka bisa meraup jutaan rupiah dari membuat sebuah konten tersebut.

7. Menjual Produk daur ulang

Menjual barang bekas atau produk daur ulang merupakan sebuah bisnis yang cukup simple dan tidak begitu beresiko tinggi. jika barang bekas, anda hanya perlu mencari barang bekas tersebut yang sekiranya bisa di dandani dan dijual kembali. begitu juga dengan produk daur ulang lainya.

8. Jasa Cuci Mobil dan Motor

Berapa banyak kendaraan yang membutuhkan jasa ini? jelas tidak terhitung. peluang usaha ini harus anda manfaatkan jika di daerah anda jarang ada usaha steam motor dan mobil.

Nah, Kira-kira sudah ada ide yang membuat anda berminat untuk membuka usaha belum? itulah daftar usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang bisa kami bagikan. semoga bisa membantu mu yang sedang bingung mencari usaha apa yang jarang orang buka tapi banyak dicari.

Analisa Bisnis Jamu Kunyit Asam

Tidak hanya bisnis minuman kekinian seperti boba dan sejenisnya yang bisa berpotensi sukses. Bisnis jamu kunyit asam yang notabennya merupakan produk untuk kesehatan juga bisa sukses. Namun ingat, marketing dan analisa bisnis jamu kunyit asam perlu dipikirkan sebelum memulai menjalankan ide bisnis tersebut.

Terkait dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan berikan uraian secara lengkap perihal analisa bisnis jamu kunyit asam yang perlu diperhatikan dan dipelajari. Simak informasi di bawah ini!

Analisa Bisnis Jamu Kunyit Asam

Bisnis jamu kunyit asam merupakan sebuah ide bisnis dalam rangka mempertahankan dan mengangkat kembali industri jamu tradisional menjadi minuman modern dan ternyata menjadi sebuah ide bisnis yang bisa memberikan keuntungan cukup besar bagi pelaku usaha.

Sensasi segar, lezat dan sehat yang diberikan dan berkolaborasi menjadi satu tentu membuat siapa pun tidak akan pikir panjang membelinya. Dengan kelebihan tersebut, cara promosi suatu bisnis jamu kunyit asam juga akan jauh lebih mudah karena menjual sesuatu yang segar sekaligus sehat sedang menjadi nilai tambah saat ini.

Lantas analisa bisnis jamu kunyit asam yang penting dipahami pelaku bisnis seperti apa?

Berikut contoh analisa keuangan usaha yang bisa dipraktekkan  dengan asumsi yang digunakan sebagai berikut :

  • Terjadinya penyusutan etalase 3 tahun
  • Penyusutan meja kursi 2 tahun
  • Penyusutan kompor 2 tahun

Adapun penyusutan perlengkapan lain yang perlu dihitung dengan rincian sebagai berikut :

Biaya investasi

Etalase = Rp 203.000,00

Meja kursi  = Rp 405.000,00

Kompor = Rp 635.000,00

Lain – lain = Rp 749.000,00

Sehingga total biaya investasi yang harus dikeluarkan sebesar Rp 1.992.000,00

Biaya operasional

Biaya tetap terdiri atas rincian sebagai berikut :

  • Penyusutan etalase 1/36 * 203.000,00 = Rp 5.639,00
  • Penyusutan meja kursi 1/24 * 405.000,00 = Rp 16.875,00
  • Penyusutan dan kompor 1/24 * 635.000,00 = Rp 26.458,00
  • Penyusutan lainnya 1/24*749.000,00 = Rp 31.208,00
  • Uang kebersihan Rp 6.000,00
  • Upah karyawan Rp 70.000,00

Sehingga total biaya tetap yang harus dikeluarkan sebesar Rp 156.181,00

Biaya variabel

Dana pembelian yang harus Anda persiapkan :

  • Kunir asem = Rp 57.000,00
  • Asam kawak = Rp 18.000,00
  • Gula aren = Rp 41.000,00
  • Jeruk nipis tua = Rp 4.000,00
  • Garam = Rp 8.000,00
  • Lain – lain = Rp 25.000,00

Total biaya variabel Rp 96.000,00

Total biaya operasional Rp 252.181,00

Estimasi pendapatan

Penerimaan satu hari yang bisa Anda dapatkan jika satu botol kunyit asam dijual seharga 18 ribu rupiah sementara satu hari bisa terjual 35 botol, sebagai berikut :

  • 35 botol jamu kunyit terjual @ Rp 18.000,00 = Rp 630.000,00

Dari pendapatan tersebut dikurangi biaya – biaya jika satu hari bisa mendapatkan keuntungan Rp 377.819,00 maka dalam satu bulan Anda berpotensi mendapatkan Rp 11.334.583,00.

Adapun berapa lama modal tersebut akan kembali perhitungannya sebagai berikut :

Total biaya investasi : keuntungan penjualan

Rp 1.992.000,00 : Rp 11.334.583,00 = 0,18

Sehingga dari asumsi dan contoh analisa bisnis jamu kunyit asam di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa jika dalam satu hari produk Anda terjual 35 pcs saja dalam satu bulan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar dan bisa balik modal setidaknya 0,18 bulan atau dalam setengah bulan saja.

Itulah cara perhitungan sekaligus analisa bisnis jamu kunyit asam yang perlu Anda tahu dan pahami. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi khususnya jika memang Anda memiliki bakat dalam membuat suatu produk minuman sehat.

Bisnis yang Menguntungkan di Kampung

Tinggal di kampung bukan berarti tidak bisa memulai suatu bisnis. Bisnis yang Menguntungkan di Kampung banyak kok yang bisa dijalankan. Orang kampung memang tidak akan terlalu tertarik dengan makanan kekinian yang dijual atau apapun yang berlandaskan tren meski tidak menutup kemungkinan usaha semacam itu berhasil juga dijalankan di kampung.

Lebih jelasnya tentang bisnis offline yang menguntungkan di kampung, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi lengkap dan menariknya khusus untuk Anda. So, let’s check these out!

5 Bisnis yang Menguntungkan di Kampung 

Bisnis yang Menguntungkan di Kampung

Mau memulai bisnis di kampung coba 5 usaha beriktu ini.

1. Toko kelontong

Dimana saja yang namanya bahan makanan pokok seperti beras, gula, gula merah, sabun, dan sebagainya itu pasti dibutuhkan karena merupakan bahan sehari – hari yang harus dipenuhi. Bahkan termasuk orang kampung pun butuh bahan – bahan tersebut.

Nah, jika Anda punya modal dan tempat kosong, Anda bisa mulai membuka toko kelontong di kampung. Utamanya jika di sekitar rumah Anda masih belum ada yang membuka usaha toko kelontong, itu artinya Anda sudah bisa mulai  usaha ini dan mendapatkan banyak keuntungan dari usaha yang satu ini.

2. Usaha ternak

Usaha ternak juga tentu saja menjadi salah satu bisnis offline yang menguntungkan di kampung yang bisa dijalankan. Utamanya jika Anda sudah punya pemasok yang akan menampung daging, telur atau produk ternak Anda.

Tentu akan lebih mudah karena Anda tidak butuh repot mencari pemasok untuk membeli hasil ternak Anda ketika sudah berjalan nantinya. Banyak usaha ternak yang bisa dimulai di kampung mulai dari usaha ternak ayam, ternak kambing, ternak ulat sutera, ternak burung dan sebagainya. 

3. Pom bensin mini

Semua orang  tentu tahu bahwa BBM merupakan kebutuhan penting bagi pengendara motor. Sementara itu kebutuhan SPBU sampai saat ini masih tidak menjangkau semua lokasi utamanya di desa – desa.

Oleh karena itu jika Anda tinggal di kampung, maka sekarang sudah mulai bisa menjalankan bisnis offline yang menguntungkan di kampung utamanya jika memang lokasi rumah Anda sudah di pinggir jalan maka memulai usaha yang satu ini akan sangat mudah.

4. Usaha warung kopi atau coffee shop

Membuka usaha warung kopi di desa juga sangat bisa dicoba. Utamanya warga desa yang utamanya memang suka kopi, pasti dengan hadirnya coffee shop akan lebih antusias meramaikannya. Namun catatan yang harus Anda tahu, bahwa pendapatan perkapita warga desa tidak terlalu besar sehingga untuk memulai menjalankan usaha warung kopi atau coffee shop ini harus mempertimbangkan juga segi harga.

Jangan terlalu mahal bahkan meski Anda sudah menyiapkan tempat ngopi yang nyaman karena akan sulit mengcover keinginan dan kebutuhan ngopi orang di kampung Anda.

5. Jasa laundry

Bukan hanya di kota saja orang – orang banyak yang sibuk dan membutuhkan jasa laundry, bahkan di desa pun dibutuhkan. Jasa laundry memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin pekerjaan rumahnya praktis dan irit.

Jika Anda memang memiliki mesin cuci di rumah, tentu usaha ini bisa mulai Anda jalankan. Anda bisa membuat banner yang menginformasikan bahwa Anda membuka usaha jasa laundry. Cara promosinya pun mudah.

Berikan pelayanan dan service terbaik supaya usaha Anda bisa kebanjiran order. Buat juga promosi di sosial media atau promosi yang lain agar customer mengenal Anda dan lebih banyak customer juga yang datang kepada Anda meminta jasa Anda.

Itulah beberapa ide Bisnis yang Menguntungkan di Kampung dan bisa Anda jalankan. Dapatkan pengalaman bisnis yang sangat menguntungkan dengan menjalankan salah satu ide bisnis di atas.

10 Usaha Sampingan Tanpa Modal untuk Pelajar

Sekarang tidak hanya menuntut ilmu, sudah banyak pelajar yang bisa menghasilkan uang sendiri. Anda juga ingin memulai, tapi minim modal? Ada banyak jenis usaha sampingan tanpa modal untuk pelajar yang bisa dijadikan inspirasi. Simak rekomendasi usaha sampingan untuk Anda lakukan berikut ini.

Dropshipper

Usaha sampingan yang bisa dijalankan pelajar pertama adalah menjadi Dropshipper. Pekerjaan ini adalah sistem jual barang tanpa harus modal memiliki barang jualan. Ketika ada pembeli, Dropshipper bisa langsung memesankan ke penjual utama. Selisih harganyalah yang bisa diambil sebagai keuntungan.

Jasa Print

Jika Anda memiliki printer sendiri, ada baiknya dimanfaatkan untuk membuka jasa print kecil-kecilan untuk teman-teman yang membutuhkan. Cara marketing-nya bisa dengan setting harga lebih rendah dari pasaran. Hal ini bisa untuk strategi menarik, tetapi tetap harus kerjakan dengan hasil terbaik.

Jasa Titip Beli

Jasa titip beli atau jastip sepertinya sudah tidak asing di telinga bukan? Jika Anda adalah seorang yang suka berbelanja atau suka jalan-jalan ke suatu tempat, usaha satu ini bisa menjadi salah satu alternatif penghasil cuan. Pembeli akan membayar tagihan di awal sesuai dengan prediksi harga ditambah ongkos.

Jasa Fotografi

Hoby fotografi? Kegemaran Anda ini bisa dijadikan peluang yang sangat menguntungkan. Apalagi sekarang banyak orang butuh fotoografer untuk mengabadikan setiap momen seperti wisuda, pre-wedding, dan lainnya. Bahkan, satu kali project, fotoggrafer bisa mengantongi uang ratusan ribu.

Penerjemah

Jika Anda menguasai beberapa bahasa asing secara fasih, jasa penerjemah mungkin patut dicoba. Baik itu penerjemah langsung ketika ada orang asing, atau sebagai penerjemah buku. Penerjemah buku sekarang juga sangat dibutuhkan untuk bidang percetakan, juga di media massa.

Model

Anda memiliki postur tubuh yang ideal dan punya kepercayaan diri tinggi? Manfaatkanlah untuk menjadi seorang model. Pekerjaan ini adalah salah satu usaha sampingan tanpa modal untuk pelajar yang sangat menjanjikan. Nantinya, jika Anda semakin professional, keuntungan yang didapat juga semakin tinggi.

Jasa Desain

Lagi-lagi ketrampilan dan hobby menjadi salah satu peluang yang menjanjikan. Salah satunya adalah dengan membuka jasa desain, baik itu desain grafis maupun desain poster. Ilmunya bisa dipelajari secara otodidak dan gratis. Tetapi, pada setiap project, hasil karya Anda akan dihargai mahal.

Makelar Kendaraan dan Properti

Peluang yang bisa dimanfaatkan seorang pelajar untuk meraup cuan adalah dengan menjadi makelar kendaraan atau property. Anda bisa membantu menjualkan property sampai laku dan mendapatkan keuntungan dari selisih penjualan. Pastinya, Anda akan mendapat untung besar setiap sukses terjual.

Pembuatan Website Online

Jika Anda mengambil pelajaran mengenai informatika, menjadi pembuat website adalah salah satu usaha sampingan yang menjanjikan. Bisnis ini pastinya tanpa modal, hanya butuh laptop yang biasa Anda pakai dan koneksi internet.

Cukup menggiurkan bukan? Apalagi jasa tersebut sekarang banyak dicari. Setelah memiliki banyak portofolio, ke depannya usaha ini bisa dikembangkan dan semakin besar.

Les Privat

Kemampuan Anda untuk menyelesaikan setiap pelajaran di kelas, ternyata juga bisa diuangkan. Anda bisa mejadi guru les untuk menghasilkan uang. Les privat dipilih karena bisa menyesuaikan dengan kesibukan Anda yang masih harus belajar dan mengerjakan tugas. Hasil guru les privat juga lebih menggiurkan.

Itulah beberapa rekomendasi usaha sampingan tanpa modal untuk pelajar yang bisa Anda pilih untuk menambah penghasilan. Anda juga bisa belajar me-manage waktu antara usaha sampingan dengan kegiatan belajar. Setelah lulus nantinya, Anda pasti sudah ahli dalam memanajemen waktu.

10 Usaha Camilan untuk Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Bisnis di dunia kuliner adalah salah satu usaha yang memiliki prospek bagus. Meskipun saingannya banyak, jika pandai membuat keunikan, pastinya akan ada saja pelanggan yang tertarik dengan jualan Anda. Simak rekomendasi usaha camilan untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan berikut ini.

Usaha Kue Kering

Bagaimana pun, kue kering yang awet dimakan dalam jangka waktu lama memang banyak menjadi pilihan. Jika Anda senang membuat kue kering dengan wadah toples lucu-lucu, jangan sia-siakan peluang ini. Apalagi jika menjelang hari besar, permintaan kue kering untuk suguhan akan meningkat.

Usaha Jajanan Pasar

Jajanan pasar memang sangat beragam, mulai kue lapis, lemper, nagasari, pisang goreng, dan lain sebagainya. Banyak masyarakat yang lebih suka menggunakan jajanan pasar sebagai suguhan atau sekdar camilan di rumah. Ide bisnis satu ini cukup memiliki prospek, apalagi jika Anda pintar berkreasi.

Usaha Keripik

Keripik pada dasarnya adalah bahan-bahan seperti kentang, ketela, dan sejenisnya yang diiris tipis kemudian digoreng sampai krispi. Berbeda dengan cemilan-cemilan sebelumnya yang terasa manis, keripik ini cenderung banyak yang terasa gurih. Kreasikan dengan berbagai rasa baru supaya semakin disukai.

Usaha Dessert Box

Makanan manis dalam box ini adalah salah satu ide usaha camilan untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan  selanjutnya. Apalagi sekarang Dessert box sedang naik daun dan banyak dikreasikan menjadi cemilan yang manis dan segar. Anda bisa menjualnya jika sudah ada pesanan, supaya selalu fresh.

Usaha Camilan Biji-bijian Diet

Gaya hidup sehat, apalagi di kalangan ibu-ibu yang sedang diet adalah suatu keharusan. Jika di lingkungan Anda sedang banyak yang diet, akan sangat cocok jika Anda menjual biji-bijian benilai gizi tinggi seperti chia seed, oatmeal, dan sejenisnya yang bisa Anda kemas semenarik mungkin.

Usaha Camilan Kiloan

Sering melihat orang-orang berkumpul sambil makan berbagai jenis camilan kiloan? Anda ternyata juga bsisa mengusahakan jualan cemilan kiloan ini. Apalagi jika ada di sekitar Anda sering diadakan acara-acara yang membutuhkan camilan tersebut.

Usaha Roti Bakar

Menjual roti bakar adalah usaha camilan yang juga banyak diminati. Anda tinggal mengkreasikan selai atau topping tambahan supaya lebih unik dan banyak digemari. Meskipun mengenyangkan, roti bakar adalah salah satu camilan yang cocok dimakan selagi hangat, apalagi dengan selai yang lumer.

Usaha Gorengan

Siapa yang tidak doyan dengan gorengan? Gorengan adalah salah satu makanan ringan yang selalu diminati semua orang. Usaha satu ini cukup menjanjikan untuk dikembangkan. Berbagai jenis gorengan bisa dipilih untuk dijual seperti pisang goreng, risoles, molen, tahu, sosis,tempe, dan lain sebagainya.

Usaha Tahu Kremes

Tahu kremes adalah olahan tahu yang di luarnya dilapisis dengan tepung yang garing, sehingga renyah di luar dan lembut di dalam. Pilihan rasanya juga cukup banyak seperti tahu kress pedas jeletot, barbeque, pedas, dan masih banyak lagi. Usaha ini sangat menjanjikan dan banyak disukai anak-anak.

Usaha Dimsum

Dimsum saat ini sedang banyak digemari dan tidak hanya bisa didapat di restoran saja. Anda bisa berjualan dimsum berbagai jenis dengan harga bervariasi. Selain dijual yang sudah matang, Anda juga bisa menjualnya dalam bentuk makanan frozen. Jadi, pelanggan bisa memasaknya ketika ingin ngemil.

Itulah berbagai rekomendasi usaha camilan untuk ibu rumah tangga yang menjanjikan untuk menambah pundi-pundi cuan dari rumah. Jangan lupa untuk melihat pasar dulu sebelum memulai usaha. Kreasikan seunik mungkin supaya calon pembeli tertarik untuk membeli jualan Anda.

10 Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

Mau dapat pemasukan tambahan? Sebagai karyawan, Anda masih bisa memiliki usaha sampingan yang menguntungkan. Bahkan usaha-usaha ini tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda. Simak beberapa usaha sampingan modal kecil untuk karyawan yang bisa Anda coba berikut ini.

Bejualan Pulsa dan Produk Elektronik

Berjualan pulsa dan produk elektronik lainnya adalah salah satu usaha sampingan yang bisa Anda lakukan. Targetnya pastinya adalah teman kantor atau rekan kerja Anda. Usaha ini tidak perlu modal yang besar dan sangat fleksibel untuk dilakukan dimana saja.

Reseller atau Dropshipper

Selanjutnya adalah reseller atau dropshipper. Kedua pekerjaan ini pastinya sudah sangat biasa dilakukan di lingkup dunia kerja. Reseller dan dropshipper memiliki system yang berbeda. Jika reseller membeli dalam jumlah banyak dulu baru dijual lagi, sedangkan Dropshipper tidak menyimpan barang jualan.

Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki kemampuan atau bekerja dengan menggeluti dunia desain, jasa ini bisa juga dijadikan cuan. Tidak perlu modal besar, hanya perangkat dengan spek mumpuni dan keahlian dalam mendesain saja. Selain itu, rajin-rajin promosi juga menjadi salah satu jalan supaya banyak pelanggan.

Jual Kue Kering

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya, selalu banyak digemari. Jika Anda hobby buat kue kering, jadikan peluang untuk menghasilkan cuan. Kue kering seperti ini pasti akan laris jika ditawarkan ke rekan kerja. Apalagi ketika sudah mendekati hari raya, Anda akan untung banyak.

Jual Bibit dan Tanaman Hias

Bisnis bibit dan tanaman hias memang hanya untuk hobby tertentu, tetapi tidak ada salahnya jika Anda memiliki kegemaran di bidang ini. Profitnya juga cukup besar, apalagi jika bibit atau tanaman hias tersebut cukup unik. Jika tahu tempat petaninya dan beli disana, kemudian bisa dijual dengan harga mahal di kota.

Budidaya Ikan Lele

Usaha sampingan modal kecil untuk karyawan yang juga bisa Anda coba adalah dengan budidaya ikan lele. Tidak perlu tempat luas taupun membuat kolam, cukup budidaya didalam ember atau biasa disebut dengan “Budikdamber”. Usaha ini tidak perlu ditunggu setiap waktu, hanya saja harus raji memberi makan.

Jual Bumbu Instan Siap Pakai

Zaman sekarang, siapa yang tidak suka kalau instan? Apalagi jika seharian kerja dan harus menyiapkan makanan untuk keluarga. Jika Anda suka membuat masakan beraneka macam, buat saja bumbu lebih banyak, kemudian dikemas dan dijual ke rekan kerja atau ditawarkan ke social media.

Rental Barang

Anda memiliki banyak barang yang menganggur di rumah, tapi sayang jika harus dijual? Rentalkan saja. Usaha rental barang sedang menjamur saat ini. Beberapa barang yang serning direntalkan adalah tas branded, baju, kendaraan, kamera, alat camping, dan lain sebagainya.

Jual Makanan Sehat

Senang dengan gaya hidup sehat? Kenapa tidak ditularkan saja ke lingkungan? Anda bisa membuka penjualan makanan sehat seperti salad atau makanan diet. Tantangannya adalah bagaimana Anda mengemas makanan sehat tersebut lebih menarik, sehingga membuat calon pelanggan ingin membeli.

Bisnis Hampers

Hampers rasanya tidak pernah salah untuk dijadikan kado berbagai acara atau sekedar ucapan. Banyaknya permintaan hampers setiap tahunnya apalagi menjelang event besar menjadi salah satu peluang Anda. Apalagi jika memiliki koneksi rekan kerja yang banyak.

Itulah beberapa usaha sampingan modal kecil untuk karyawan yang bisa menjadi inspirasi penambah cuan. Pilih yang menurut Anda tidak mengganggu pekerjaan utama. Akan lebih baik jika usaha sampingan tersebut berdasarkan hobby atau kebutuhan sehari-hari.

Cara Manajemen Waktu yang Tepat Bisnis Sampingan Online

Bisnis sampingan online memang menarik untuk dicoba, tetapi harus diimbagi dengan manajemen waktu yang tepat agar tidak mengganggu kegiatan utama. Lalu, bagaimana cara manajemen waktu yang tepat bisnis sampingan online? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Mengatur Jadwal Kegiatan dengan Efektif

Cara pertama yang harus dilakukan adalah mengatur jadwal kegiatan dengan efektif di setiap harinya. Pembuatan jadwal harian ini sangat penting, sebab Anda tetap harus menyelesaikan tugas utama selain mengerjkan bisnis sampingan online.

Buatlah kegiatan apa saja yang ingin dilakukan setiap hari, lalu tentukan batasan waktunya. Selain itu, buatlah juga skala prioritas unuk mengerjakan tugas yang sangat mendesak terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih terstruktud.

Dalam jadwal harian tersebut, tetap alokasikan waktu untuk bisnis sampingan online Anda agar tetap berjalan lancar. Alokasi waktu ini bisa disesuaikan dengan hal apa saja yang harus diselesaikan dalam bisnis sampingan, seperti membuat orderan misalnya.

Menggunakan Postingan Terjadwal di Sosial Media

Bisnis sampingan online tentu saja bisa sukses berkat bantuan platform sosial media dan marketplace sebagai sarana pemasaran. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mengatur tampilan sosial media dengan rapi dan konsisten, terutama dalam membuat konten.

Peranan konten di sosial media adalah sebagai sarana bagi bisnis Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan sekaligus promosi. Dalam manajemen waktu bisnis sampingan online yang baik, Anda harus bisa menyisipkan jadwal membuat postingan di sosial media.

Jika Anda khawatir akan melewati jadwal yang sudah ditentukan, maka bisa menggunakan fitur postingan terjadwal di sosial media. Dengan cara ini, Anda bisa mengunggah postingan ke sosial media secara fleksibel, tetapi kapan waktunya mulai bisa dilihat oleh pelanggan dapat diatur secara otomatis.

Menetapkan Waktu untuk Rekapan Orderan dan Packing

Cara manajemen waktu yang tepat bisnis sampingan online selanjutnya, yaitu menetapkan waktu untuk merekap order dan packing. Sebab, rekapan orderan dan packing ini akan berkaitan dengan pengiriman pesanan pelanggan, sehingga harus bisa terjadwal dengan baik.

Alangkah lebih baiknya jika Anda menetapkan jam khusus di setiap hari untuk membuat rekapan orderan dan packing. Tujuannya, agar tugas untuk menyiapkan barang orderan pelanggan tidak menumpuk dan Anda bisa mengerjakannya dengan cepat.

Tetapkan jadwal rekapan orderan dan packing dengan efisien agar pesanan pelanggan bisa cepat dikirim. Hal ini karena tingkat kecepatan dalam pengiriman order juga bisa mempengaruhi kepercayaan pelanggan kepada bisnis onlina Anda.

Menetapkan Waktu untuk Merespon Konsumen

Interaksi dengan konsumen juga menjadi salah satu hal penting karena bisa mempengaruhi seberapa ramai orderan di bisnis sampingan online Anda. Oleh sebab itu, dalam manajemen waktu yang baik Anda harus menetapkan jam khusus untuk merespon konsumen.

Pada jam tersebut, Anda bisa berfokus pada kolom chat atau komentar di sosial media untuk menanggapi konsumen. Ada beberapa hal penting untuk Anda tanggapi, seperti kosumen yang menanyakan barang, komentar, testimoni, dan respon terhadap order.

Menjadi Orang yang Fleksibel

Selain membuat jadwal dan menetapkan hal terstruktur, hal penting lain yang harus Anda miliki adalah menjadi orang fleksibel. Sebab, tidak selalu jadwal yang sudah ditetapkan bisa dijalankan sesuai perencanaan, sehingga Anda harus bisa menyesuaikan diri.

Cara manajemen waktu yang tepat bisnis sampingan online ini diperlukan agar Anda bisa tetap menjalankan semua dengan baik. Fleksibiltas sangat penting untuk dimiliki jika Anda membangun binis sampingan online, karena berkaitan dengan bagaimana cara memanfaatkan waktu yang baik.

Peluang Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Membuka bisnis sampingan di rumah memang sekarang menjadi plihan banyak karyawan bersama suami atau istri untuk menambah pemasukan keluarga. Lalu, sebenarnya apa saja usaha yang berpeluang bertahan lama? Simak rekomendasi peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya berikut ini.

Ide Peluang Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Membuka Jasa Laundry

Jasa laundry adalah usaha rumahan pertama yang sampai sekarang tidak ada matinya. Laundry tidak pernah kekurangan pelanggan, apalagi jika rumah Anda berada di kota besar, dekat perkantoran, maupun kampus. Mobilitas yang tinggi membuat mereka tidak sempat untuk mencuci pakaian.  

Jualan Camilan dan Kue Kering

Camilan dan kue kering selain banyak peminatnya, sekarang juga semakin banyak macam dan kreasinya. Sebelum memutuskan berbisnis camilan dan kue kering, Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu, jenis camilan dan kue kering apa yang sedang popular? Anda bisa mulai dengan usaha jenis tersebut.

Jasa Cuci Motor

Tidak hanya cuci motor, biasanya mobil juga ada dalam satu paket tempat cuci kendaraan. Semakin banyaknya kendaraan bermotor merupakan peluang tersendiri bagi Anda yang memulai usaha ini. Apalagi jika Anda berada di lingkungan sibuk yang orangnya tidak sempat untuk mencuci kendaraannya sendiri. Steam Motor akan menjadi usaha rumahan yang menjanjikan bila anda tekuni dengan benar.

Rental Playstasion

Dunia game dari dulu sampai sekarang memang menarik keuntungan yang banyak bila ditekuni, termasuk tempat rental playstasion. Meskipun sudah banyak game di HP Android, nyatanya rental PS masih menjadi ladang subur bagi pemilik usaha. Anda juga bisa mengusahakan sector ini.

Pulsa dan Produk Elektronik Lain

Pulsa dan produk elektronik lain seperti token listrik, bayar BPJS, dan tagihan lainnya merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya. Semakin banyak pengguna ponsel dan pelanggan listrik juga tagihan lainnya, membuat Anda akan selalu untung jika memiliki usaha di bidang ini.

Toko Roti atau Bakery

Seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya, bahwa bisnis makanan tidak akan pernah ada matinya. Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat berbagai roti unik dan memiliki khas tersendiri, tidak ada salahnya jika mencoba usaha ini. Apalagi roti dianggap salah satu makanan yang wajib ada di setiap acara.

Usaha Frozen Food

Makanan frozen yang sehat bisa menjadi pilihan usaha yang menjanjikan. Hal ini karena semakin kesini, peminat frozen food semakin banyak. tidak semua orang suka makan dimsum di tempat. Begitu pula makanan lain seperti  nugget, banyak yang lebih suka beli frozen dan dimasak di rumah saat ingin ngemil

Usaha Tanaman Hias

Tanaman hias dari dulu sampai sekarang masih menjadi usaha rumahan primadona. Hal ini karena ada beragam tanaman yang sedang digemari masyarakat dan diburu. Komoditas yang satu ini juga memiliki nilai cukup tinggi. Jika Anda pintar dalam menangkarkan tanaman hias, untungnya bisa besar.

Warung Makan

Usaha rumahan yang pasti sampai sekarang masih menjamur adalah warung makan. Kesibukan pekerjaan atau sekolah sehingga tidak sempat masak adalah penyebab warung makan masih banyak pengunjungnya. Usaha ini sangat cocok untuk Anda yang suka memasak.

Jual Ikan Hias

Hobby pelihara ikan hias? Kenapa tidak dijadikan bisnis saja? Terbukti sampai sekarang banyak penjual ikan hias yang bertahan dengan pelanggan setia. Bahkan, tidak hanya ikan hias saja, Anda bisa menjual bibit ikan peliharaan, akuarium, dan pakan ikan. Cukup banyak item yang bisa dijual bukan?

Itu dia peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya dan cocok untuk mengisi kesibukan Anda di rumah. Selain peluangnya masih sangat terbuka lebar, mengembangkan usaha yang sekaligus hobby akan menjadi kebahagiaan tersendiri. Jangan lupa untuk selalu cek minat pasar sebelum memulai.

Tips Mencari Partner Usaha yang Benar dan Tepat

Menjalankan bisnis dengan menggandeng Partner merupakan salah satu cara yang tepat untuk membagi tanggung jawab sekaligus efektifitas pekerjaan. Namun, Anda harus bisa memillih partner usaha yang baik agar bisnis lancar. Simak tips mencari partner usaha yang benar dan tepat berikut.

Jujur dan Bertanggungjawab

Hal pertama yang harus Anda cari dari seorang partner usaha adalah sifat jujur dan tanggung jawab. Kejujuran memiliki peranan penting dalam sebuah usaha guna menghindari konflik di masa depan karena komunikasi yang tidak terbuka.

Carilah partner dengan sifat jujur agar mampu mengkomunikasikan segala sesuatu tentang bisnis secara terbuka. Di samping itu, carilah partner usaha yang bertanggungjawab dan mampu memegang komitmen dalam menjalankan bisnis tersebut bersama.

Sebab, dalam bisnis pastinya akan ada pembagian tugas yang harus diselesaikan dengan baik demi kelancaran usaha. Oleh sebab itu, partner bertanggungjawab sangat penting agar bisa menyelesaikan pembagian tugas dengan baik.

Cocok Secara Karakter

Kecocokan karakter juga tips berikutnya yang harus dipertimbangkan jika Anda mencari partner bisnis. Hal ini karena nantinya partner bisnis tersebut akan menghabiskan banyak waktu dan berkomunikasi dengan Anda, sehingga diperlukan karakter yang cocok.

Hal ini bertujuan untuk menghindari konflik yang akan menghambat kemajuan bisnis kedepannya. Selain itu, kecocokan karakter juga akan mempengaruhi kelancaran dalam komunikasi dan pengambilan setiap keputusan dalam bisnis.

Anda tidak harus mencari partner dengan karakter yang sama, melainkan saling melengkapi. Sebab, dalam segi berpikir mengenai kemajuan bisnis tentu Anda membutuhkan ide dari partner. Di samping itu, partner yang saling melengkapi juga lebih mudah untuk diajak kerjasama.

Memiliki Kesamaan passion dan Visi Misi

Tips mencari partner usaha yang benar dan tepat berikutnya, yaitu memiliki kesamaan passion dan visi misi. Alasannya tentu saja passion dan visi misi merupakan salah satu hal yang mendasari kesuksesan serta arah bisnis Anda kedepannya.

Carilah partner dengan passion yang sama agar kedepannya bisnis lebih mudah untuk dikembangkan. Selain itu, menjalankan bisnis bersama orang dengan passion yang sama akan memudahkan Anda untuk membuat strategi pengembangan usaha.

Tak hanya itu, jangan lupa untuk mencari partner dengan visi misi sama agar bisnis ini mempunyai tujuan yang jelas. Setelah itu, Anda baru akan bisa menjalankan bisnis ini dengan terarah sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Mampu Bekerjasama

Selain saling melengkapi, partner bisnis juga harus mampu bekerjasama dengan baik demi kelancaran usaha. Kerjasama dalam hal ini menyelesaikan setiap tanggungjawab bisnis dan mampu berkomunikasi dengan baik.

Partner yang mampu bekerjasama sangat diperlukan apalagi saat Anda menemukan hambatan dalam menjalankan usaha. Kerjasama yang baik akan membantu Anda lebih mudah untuk menyelesaikan hambatan bisnis karena mengerjakannya bersama dengan partner.

Kemampuan bekerjasama ini juga harus diimbangi dengan sifat terbuka demi memberi kritik dan saran untuk bisnis. Sebab, partner yang terbuka terhadap kritik akan membuat bisnis lebih cepat maju, karena bisa mencari solusi atas kekurangan dengan segera.

Memiliki Skill yang Saling Melengkapi

Satu lagi tips dalam mencari partner usaha, yaitu memiliki skill yang saling melengkapi agar semua kebutuhan bisnis bisa terpenuhi dengan baik. Carilah partner bisnis dengan skill yang mungkin kurang sesuai dengan kapabilitas Anda. Tips mencari partner usaha yang benar dan tepat ini bertujuan agar bisnis Anda lebih mudah dikembangkan. Hal ini juga akan memudahkan dalam pemb

Cara Mencari Investor untuk UMKM yang Tepat

Investor memiliki peranan penting bagi UMKM karena akan membantu menanamkan modal demi kemajuan bisnis. Akan tetapi, Anda tidak boleh sembarangan dalam mencari investor agar tidak menjadi masalah kedepannya. Simak cara mencari investor untuk UMKM yang tepat sebagai berikut.

Membuat Proposal dan Mempresentasikannya dengan Menarik

Langkah pertama yang harus dilakukan UMKM sebelum mencari investor, yaitu membuat proposal dengan semenarik mungkin. Proposal tersebut akan menjelaskan tentang usaha yang sedang dijalankan secara lengkap, mulai dari perencanaan hingga proyeksi keuangan.

Pada proposal ini Anda harus mencatumkan segala informasi yang dibutuhkan oleh investor, seperti riwayat performa usaha misalnya. Setelah itu, saatnya Anda untuk mempresentasikan proposal di depan calon investor dengan semenarik mungkin.

Pastikan Anda menguasai seluruh materi di proposal yang akan dipresentasikan agar bisa menyakinkan oleh investor. Selain itu, jawab pertanyaan yang diberikan dengan pasti agar investor menjadi tertarik untuk menginvetasikan dananya di UMKM Anda .

Menjelaskan Resiko Usaha, Potensi Keuntungan, dan Strategi Bisnis

Berikutnya, ada beberapa hal juga yang perlu dijelaskan kepada investor, antara lain resiko usaha, potensi keuntungan, dan strategi bisnis. Resiko usaha ini perlu dijelaskan agar investor tahu apa permasalahan yang kemungkinan akan dihadapi UMKM, sehingga bisa memberikan saran.

Sementara potensi keuntungan penting dijelaskan karena berkaitan dengan pengembangan usaha kedepannya. Selain itu, investor juga akan lebih yakin ketika akan menanamkan dananya karena dengan menjelaskan potensi keuntungan, UMKM bisa sekaligus menjelasakan perkiraan jumlah bunga.

Tak hanya itu, di balik kesuksesan UMKM tentu saja harus diimbangi dengan startegi bisnis yang tepat untuk bisa mencapai target pasar. Anda harus bisa menyakinkan investor bahwa UMKM memiliki strategi bisnis yang jitu agar seluruh perencanaan dan targetnya bisa dicapai.

Membuat Laporan Keuangan yang Matang

Membuat laporan keuangan dengan matang merupakan langkah berikutnya dalam cara mencari investor untuk UMKM yang tepat. Hal ini karena laporan keuangan UMKM akan dilihat oleh investor guna mengetahui kemampuan finansial bisnis sekaligus perputarannya.

Buatlah laporan keuangan sesuai dengan strandar UMKM yang terdiri dari neraca, beban biaya oprasional, laba rugi, cash flow, serta pendapatan bulanan dan tahunan. Selain itu, buat juga laporan perpajakan dari UMKM selama beberapa periode terakhir.

Salah satu jenis laporan yang harus diperhatikan denagn seksama oleh UMKM adalah cash flow. Sebab, melalui laporan ini, investor akan mengetahui apakah aliran keuangan perusahaan berjalan lancar. Apabila cash flow tersebut bagus, maka investor bisa yakin jika UMKM ini menguntungkan.

Banyak mengikuti Workshop dan Pameran

Selanjutnya, banyak mengikuti workshop atau pameran juga akan memperbesar peluang Anda untuk bertemu dengan calon investor. Sebab, banyak investor yang akan datang ke tempat pameran untuk melihat ide bisnis menarik.

Investor yang datang ke pameran atau workhsop tentu saja melihat potensi bisnis yang layak untuk dijadikan sebagai lahan menanam modal. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk menunjukkan sisi terbaik dari UMKM ketika mengikuti pameran atau workshop.

Mencari Investor Sesuai dengan Kriteria Usaha

Terakhir, Anda harus mencari investor yang sesuai dengan kriteria UMKM saat ini agar lebih mudah dalam menjalin komunikasi. Hal ini karena calon investor juga akan memilih UMKM yang sesuai dengan kapasitasnya untuk didanai.

Cara mencari investor untuk UMKM yang tepat satu ini sangat penting diperhatikan karena nantinya berhubungan dengan apakah pihak tersebut akan terlibat dalam kegiatan operasional usaha atau tidak. Anda juga harus mencari tahu bagaimana kondisi terkini investor dengan melakukan riset.

Kekurangan dan Kelebihan Usaha Frozen Food yang Perlu Dipahami sebelum Memulai

Frozen food semakin diminati banyak orang karena praktis dan harganya tidak menguras kantong. Tak heran jika hal ini bisa menjadi ide bisnis yang menarik dan menjanjikan. Namun, apakah Anda sudah tahu kekurangan dan kelebihan usaha frozen food?

Di masa pandemi seperti ini, peminat frozen food atau makanan beku semakin meningkat. Anda mungkin tergiur dengan cerita-cerita kesuksesan pebisnis frozen food. Namun, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya agar bisa menjadi bahan pertimbangan.

Kekurangan Frozen Food

  • Operasional Bergantung Pada Freezer

Hal ini bisa menjadi kekuranan karena frozen food tentunya harus selalu ada di dalam lemari pendingin. Jika tidak disimpan seperti itu, makanan ini bisa cepat basi seperti produk makanan pada umumnya.

Tak heran jika freezer atau lemari pendingin memiliki peran krusial dalam bisnis ini. Jika alat tersebut rusak, maka bisnis ini akan sulit atau bahkan tidak bisa dijalankan.

  • Kompetitor Semakin Banyak

Meskipun jumlah peminat frozen food ini cukup melonjak, tentunya hal ini dibarengi dengan jumlah kompetitor yang terus betambah. Terlebih bisnis ini memang sangat mudah dimulai sehingga penjualnya pun tidak sedikit.

Oleh karena itu, Anda harus mensiasatinya dengan cara yang tepat. Sebisa mungkin untuk menawarkan produk dengan variasi lengkap dan pelayanan yang baik. Dengan menawarkan sesuatu yang lebih unik, tentunya konsumen akan lebih tertarik.

  • Waktu Kadaluarsa Sering Terlupaka

Frozen food memang identik dengan keawetannya. Maka tak heran jika waktu kadaluarsanya sering terlupakan. Terlebih jika disimpan di freezer dalam waktu lama. Oleh karena itu, Anda harus memastikan produk frozen yang dijual pada konsumen masih dalam keadaan baik.

Kelebihan Usaha Frozen Food

Mengingat mengetahui kekurangan dan kelebihan usaha frozen food sangat penting, setelah tahu kekurangannya, Anda juga harus paham kelebihannya. Berikut di antaranya.

  • Mudah Dilakukan Siapa Saja

Pada dasarnya, setiap bisnis tentunya memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Terlebih ketika memperhitungkan risiko kerugian yang mungkin terjadi. Meski demikian, nyatanya usaha freozen food mudah dilakukan oleh berbagai kalangan.

Meskipun ini merupakan jenis usaha makanan, tidak harus memiliki skill memasak untuk memulainya. Hal ini karena bisnis makanan beku memungkinkan Anda menjadi reseller atau distributor.  Jadi, makanan memang sudah diolah dan tinggal diperdagangkan saja.

  • Sudah Memiliki Target Pasar Tersendiri

Situasi pandemi memang menjadi momen melonjaknya permintaan masyarakat terhadap frozen food. Pada dasarnya, bisnis ini sudah berjalan sebelum berbagai kegiatan dilakukan di rumah untuk mencegah penyebaran virus.

Tak heran jika jumlah peminatnya naik berkali-kali lipat. Misalnya di kalangan rumah tangga yang memilih makanan beku untuk sajian sarapan atau makan malam anak-anak yang praktis. Bisnis frozen food yang justru berkembang di era pandemi menjadi salah satu kelebihannya.

  • Produk Memiliki Ketahanan yang Baik

Salah satu hal yang dipertimbangkan seseorang sebelum memulai usaha makanan ialah soal ketahananan atau keawetannya. Untuk frozen food sendiri, jangka waktu makanan ini termasuk lama.

Seperti yang telah diketahui, sebagian besar produk makanan khususnya untuk diolah langsung di rumah memang tidak bertahan lama. Kelebihan frozen food satu ini memang menjadi keunggulan yang membuatnya banyak diminati. Makanan ini fleksibel diolah dan tentunya awet.

  • Berpotensi Lebih Banyak Terjual

Mengingat produk frozen food yang dikenal awet, masyarakat pun menyadari makanan beku ini merupakan solusi. Terutama untuk menyediakan makanan yang lezat, praktis, dan disukai banyak kalangan.

Frozen food hanya tinggal disimpan di dalam lemari pendingin untuk tetap menjaga kualitasnya. Konsumen pun tidak ragu membeli banyak tanpa takut produknya basi atau sudah tidak enak.

Mengetahui kekurangan dan kelebihan usaha frozen food sangat penting sebelum memulainya. Usaha ini sebenarnya cukup mudah dilakukan, terlebih adanya platform market place dan sosial media. Namun, tetap harus mempertimbangkan kelemahan bisnis ini dengan seksama.

9 Ide Bisnis Makanan Kekinian yang Cocok untuk Anak SMA

Anak SMA punya penghasilan sendiri, kenapa tidak? Tidak hanya bisa mendatangkan uang, melainkan hal ini bisa membuat Anda belajar bisnis sedini mugkin. Lalu, apa saja ide bisnis makanan kekinian yang cocok untuk anak SMA?

Perlu diketahui bahwa bisnis makanan memang seolah tidak ada matinya. Bahkan, saat ini semakin banyak jenis jajanan kekinian yang tentunya bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. Beberapa rekomendasi ide bisnis makanan di bawah ini mungkin bisa membantu Anda memulainya!

Bisnis makanan yang cocok untuk anak SMA

1. Dessert Box

Punya bakat dalam membuat kue basah seperti tiramisu, brownies, soft cake? Sebaiknya kemampuan tersebut dimanfaatkan membuka bisnis desert box. Makanan tersebut memang sudah muncul beberapa tahun lalu, namun masih banyak digandrungi saat ini.

Mungkin Anda juga sudah tidak asing melihat kue ini di review di berbagai sosial media. Dessert box sebenarnya juga bisa dibuat versi murahnya, namun tentu tidak murahan. Makanan yang satu ini bisa dijadikan cemilan ketika bersantai.

Agar peluang keuntungannya semakin besar, lakukan promosi secara perlahan melalui media sosial. Jika sudah berkembang, Anda bisa memasukkannya ke e-commerce sehingga bisa menambah customer.

2. Basreng, Makaroni, dan Aneka Keripik

Makanan ringan memang menjadi favorit banyak orang, terutama yang rasanya pedas. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikannya peluang bisnis mengingat untuk menjual makanan ini memang tidak membutuhkan modal terlalu besar.

Selain itu, makanan ringan ini akan lebih menarik pembeli dengan menyediakan variasi rasa. Tidak hanya pedas, namun juga original dan rasa lainnya. Target pemasarannya pun cukup mudah karena makanan ringan memang disukai banyak orang.

3. Bomboloni

Ide bisnis makanan kekinian yang cocok untuk anak SMA berikutnya adalah bomboloni. Pada dasarnya, makanan ini memang terlihat begitu mirip dengan donat. Sebenarnya, bahan-bahan yang digunakan memang tidak jauh berbeda, perbedaannya, roti ini tidak memiliki bolong di tengahnya.

Ciri khas bomboloni adalah diisi krim atau vla lezat di bagian tengahnya. Makanan asal Italia ini bisa menjadi ide bisnis dengan modal terjangkau dengan keuntungan menjanjikan. Jika bisa membuat donat, Anda pun pasti bisa membuat roti manis yang satu ini.

Selain itu, usaha cemilan ini bisa dikreasikan sebaik mungkin untuk menarik minat pelanggan. Bahkan, nantinya berpotensi menarik target tidak hanya teman-teman di sekolah, melainkan juga untuk pesanan ulang tahun dan sejenisnya.

4. Salad Buah

Segarnya salad buah ternyata bisa menjadi ide bisnis makanan yang menjanjikan untuk anak SMA. Pastikan buah-buah yang digunakan dalam keadaan segar demi kepercayaan pelanggan. Cara membuat salad buah termasuk mudah, bahkan tidak membutuhkan keahlian memasak khusus.

Bahan tambahan selain buah pun tidak terlalu banyak, yaitu mayonaise dan keju parut. Anda bisa menjual salad buah dengan berbagai ukuran dan harga. Modal yang dikeluarkan untuk bisnis ini tidak terlalu banyak dengan potensi keuntungan yang menjanjikan.

5. Dorayaki Mini

Pecinta serial Doraemon pastinya sudah tidak asing dengan cemilan asal Jepang yang satu ini. Siapa sangka, ternyata untuk membuat dorayaki terbilang mudah. Untuk menghemat modal, Anda bisa menjual dorayaki dalam ukuran mini.

Pada resep aslinya, isian dorayaki adalah kacang merah. Namun, bisa juga divariasikan dengan rasa lainnya seperti coklat, keju, stroberi, dan lain sebagainya. Proses membuatnya pun terbilang tidak terlalu rumit dan resepnya bisa ditemukan dengan mudah di internet.

Ide Bisnis Olahan Coklat untuk Dijual yang Menguntungkan

Olahan makanan berbahan dasar coklat cocok dijadikan sebagai ide bisnis karena memiliki target pasar yang luas, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Lalu, apa saja ide bisnis olahan coklat untuk dijual yang menguntungkan jika dicoba? Simak rekomendasi ide bisnis olahan coklat berikut ini.

6. Kue

Bagi Anda yang hobi membuat kue, ide ini bisa dijadikan sebagai pilihan untuk membuat bisnis olahan coklat. Kue dengan bahan coklat memiliki banyak peminat serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Anda bisa mulai membuka order untuk berbagai jenis kue dengan bahan coklat.

Pertama, Anda bisa mengembangkan bisnis kue ulang tahun dengan bahan dasar coklat, seperti black forest misalnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat kemasan kue coklat yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh, contohnya brownies dengan packing kotak kardus.

Ide bisnis olahan kue coklat ini bisa dijalankan dengan simple karena Anda bisa memilih memproduksi sesuai pesanan atau membuat banyak sebagai display di toko. Bisnis ini cukup menguntungkan karena bisa dibuat dengan mudah dan memiliki target pasar yang besar.

7. Minuman Coklat

Olahan minuman dengan bahan coklat juga cukup menguntungkan untuk dijadikan sebagai lahan bisnis. Apalagi jika Anda mempunyai kreativitas dalam memadukan coklat dengan bahan lain, seperti susu, keju, boba, dan toping jelly.

Bisnis olahan minuman dengan bahan coklat ini juga cukup menguntungkan karena bahannya sederhana. Selain itu, bahan dasar coklat bisa didapatkan dengan harga terjangkau karena saat ini ada versi bubuk siap olah yang takarannya pas untuk satu porsi.

Anda bisa memulai bisnis minuman coklat ini di depan halaman rumah atau memilih lokasi strategis dengan membuat booth. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan beberapa varian menu, seperti minuman coklat dingin atau hangat misalnya.

8. Praline

Jika Anda mencari ide bisnis olahan coklat untuk dijual yang menguntungkan dengan proses pengolahan mudah, maka praline bisa menjadi solusinya. Praline tidak hanya mudah diolah, tetapi bahan yang dibutuhkan juga cukup sederhana.

Praline termasuk dalam kategori camilan manis dari coklat yang sudah dicampur mentega dengan ditambahkan berbagai macam isian. Anda bisa memadukan bola coklat praline ini dengan buah segar, kacang, atau keju di dalamnya.

Makanan ringan olahan coklat tersebut saat ini sedang naik daun dan bisa Anda kemas dengan cantik. Praline sangat cocok dijual untuk snack harian, oleh-oleh, pelengkap acara keluarga, bahkan hampers ulang tahun. Ide bisnis ini cukup menjanjikan dan bisa membuat Anda mendapatkan keuntungan besar.

9. Selai

Selai dari coklat tentu sudah tidak asing lagi, tetapi masih menjadi salah satu ide bisnis yang menguntungkan. Apalagi olahan selai coklat ini bisa dipadukan dengan bahan lain agar rasanya tidak monoton, seperti madu dan kacang hazenut misalnya.

Pasta rasa coklat tersebut kini bisa dikreasikan untuk berbagai hidangan. Seperti roti bakar, pancake, waffle, croffle, hingga muffin. Anda bisa menjual selai coklat dengan kemasan toples kaca yang tahan lama, sehingga pelanggan tidak khawatir akan keawetannya.

Mendapatkan penghasilan tidak harus menggunakan modal besar yang mungkin membuat Anda terus menunda bisnis. Beberapa ide bisnis makanan kekinian yang cocok untuk anak SMA di atas bisa menjadi referensi. Tunggu apalagi, yuk hasilkan penghasilan sendiri dari bisnis!