Macam - Macam Sumber Pendanaan Startup

Macam – Macam Sumber Pendanaan Startup

Semua bisnis tentu perlu modal untuk membangun dan mengembangkan usahanya. Sama halnya dengan sebuah bisnis startup, tentu butuh modal yang tidak sedikit. Hanya saja permasalahan modal seringkali menjadi kendala dalam mendirikan bisnis startup. Oleh sebab itu bagi Anda yang berniat mendirikan bisnis startup perlu tahu dulu macam – macam sumber pendanaan startup.

Tidak harus dari kantong sendiri kok karena sumber dananya bisa dari berbagai macam penjuru. Pada kesempatan kali ini kami akan berikan informasi dan ulasan selengkapnya untuk Anda!

Mengenal Macam – Macam Sumber Pendanaan Startup

Macam - Macam Sumber Pendanaan Startup

Boostrapping

Bootstrapping merupakan metode pengembangan startup tanpa menarik investasi dan mengandalkan modal seadanya dari kantong pribadi. Sehingga, sumber pendanaan yang satu ini lebih dari sekitar 80% biaya operasionalnya dikeluarkan oleh founder startup itu sendiri.

Untuk usaha startup pemula yang memang ingin kepemilikan usahanya 100% milik pribadi macam – macam sumber pendanaan startup ini memang banyak dipilih. Namun jenis pendanaan ini tentu memiliki kekurangan yaitu modal yang terbatas dan tidak ada sokongan dana yang bisa didapatkan.

Seed funding 

Jika pengusaha startup butuh suntikan dana tidak hanya dari modal pribadi, maka metode atau sumber dana tersebut bisa dikatakan sebagai metode pendanaan secara seed funding. Pendiri akan mendapatkan suntikan dana yang cukup besar untuk mengembangkan dan menjalankan usaha yang telah dirintis.

Jadi putaran investasi pertama dari usaha yang dijalankan berasal dari investor eksternal. Biasanya proses pitching ke investor akan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan sumber pendanaan secara eksternal.

Venture capital

Sumber pendanaan venture capital merupakan suatu sumber pendanaan startup yang diberikan kepada perusahaan rintisan yang dianggap memiliki potensi untuk bisa berkembang pesat. Nah sumber dana yang diberikan tersebut didapatkan dari perusahaan modal ventura serta dari pihak yang memberikan dana.

Darimana modal ventura mendapatkan dana? Modal ventura tersebut mendapatkan sokongan dana dari LP atau limited partner yang di dalamnya berisi orang – orang kaya dan perusahaan besar. Namun tentu akan ada hitung – hitungan pembagian keuntungan jika perusahaan sudah berjalan karena tentu mereka pemberi modal mengharapkan keuntungan dari modal yang telah disertakan atau diinvestasikan tadi.

Pendanaan Seri A

Seri dana A merupakan pendanaan ventura capital yang baru dirintis untuk mencapai tujuan bisnis secara lebih baik. Jenis pendanaan ini memungkinkan bagi setiap founder startup untuk memperluas jangkauan dan memberikan ciri khas dari produk yang diluncurkannya.

Pendanaan seri A sendiri bertujuan agar pertumbuhan revenue terus dapat berkembang pesat dan mampu melakukan inovasi demi inovasi secara lebih baik serta bertujuan untuk memperluas jangkauan produk.

Pendanaan Seri B 

Perusahaan pada tahap ini sudah memiliki pendapatan yang relatif teratur. Pendanaan ini tujuannya adalah dalam rangka pengembangan suatu bisnis lebih jauh supaya dapat bekerja dengan baik dan tidak gampang buyar.

Pendanaan Seri C

Dalam pendanaan seri C biasanya sebuah perusahaan sudah memiliki jalur pertumbuhannya sendiri. Biasanya pendanaan seri C digunakan untuk tujuan mengembangkan usaha jauh lebih besar lagi dan terkadang juga bertujuan untuk bisa mengakuisisi startup yang lain seperti yang sudah banyak dilakukan di perusahaan luar negeri.

Saham Initial Public Offering (IPO)

IPO atau initial public offering merupakan suatu tahap pendanaan puncak dari sebuah bisnis startup. Jadi, IPO merupakan proses penjualan saham ke publik untuk pertama kalinya dan pada tahap ini perusahaan startup sudah menjadi perusahaan public yang memperjualbelikan kepemilikan sahamnya.

Itulah macam – macam sumber pendanaan startup. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat.