Arsip Kategori: Finance

Strategi Mengelola Modal Usaha Bagi Pengusaha Pemula

Bagi Anda yang baru memulai usaha, selain produk dan branding yang perlu diperhatikan aspek manajemen keuangan termasuk bagaimana Strategi Mengelola Modal Usaha Bagi Pengusaha Pemula juga wajib diperhatikan.

Tanpa pengelolaan yang tepat tentu saja sebesar apapun modal usaha Anda pastinya bisa buyar atau bahkan mengalami kebangkrutan. Mengenai seperti apa dan bagaimana strategi efektif mengelola modal usaha bagi pemula agar tidak sampai bangkrut dan modalnya tercecer kemana – mana, berikut tips triknya!

4 Strategi Mengelola Modal Usaha Bagi Pengusaha Pemula

1. Perketat budget Anda

Atas modal usaha yang sudah Anda miliki pastikan agar Anda memprioritaskan penggunaan modal usaha untuk berbagai kebutuhan paling urgent dalam memulai dan menjalankan usaha Anda. Anda bisa membeli bahan baku dan peralatan penting terlebih dahulu.

Jangan muluk – muluk ingin membeli semua sekaligus, Anda harus memilih hal – hal dasar yang mendukung kelangsungan usaha Anda. Jadi untuk membeli keperluan atau piranti pendukung jangan dulu karena nanti perputaran modal Anda akan stuck dan tidak lancar.

Sebagai strategi efektif mengelola modal usaha bagi pengusaha pemula agar budget bisa dimaksimalkan adalah :

  • Menentukan angka budget yang realistis berdasarkan perhitungan secara jelas sesuai kebutuhan
  • Menentukan skala prioritas kebutuhan usaha
  • Memberikan pertanggungjawaban terhadap dana yang sudah dikeluarkan

Seiring dengan perjalanan bisnis, budget juga perlu dilakukan evaluasi secara berkala dan harus diperbarui sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan begitu tak akan ada dana yang keluar percuma dan semuanya sesuai dengan pos – pos kebutuhan yang seharusnya.

2. Hindari hutang

Pengusaha pemula wajib paham bahwa hutang adalah hal yang wajib dihindari namun tak jarang banyak pengusaha pemula yang bahkan berani berhutang dalam jumlah besar padahal perputaran usahanya masih belum tentu berhasil. Nah, jika tidak ingin usaha bangkrut di tengah jalan tentu hal ini perlu Anda hindari.

Untuk menghindari pinjaman uang di awal berbisnis salah satu solusi yang bisa dijalankan adalah menggalang dana dengan crowdfunding. Atau pun Anda harus memangkas dana operasional dan mempersiapkan dana darurat.

3. Pastikan mengelola persediaan sebaik mungkin

Terlalu banyak persediaan tentu berakibat pada penumpukan dan barang kadaluarsa. Sementara terlalu sedikit persediaan berakibat terhadap hilangnya potensi penjualan. Sehingga sebagai solusi penting yang harus dilakukan adalah mengelola persediaan dengan sebaik mungkin.

Atas produk atau barang yang terjual laris, Anda harus memperbanyak persediaan produknya. Sementara atas produk atau barang yang tidak terlalu laku bisa Anda kurangi produksinya atau sedikit demi sedikit Anda tidak memproduksinya lagi dan mengganti dengan barang atau produk lain misalkan launching produk baru.

4. Lakukan kontingensi dan mulailah berencana kontingensi

Jika bisnis Anda sudah mendapatkan keuntungan yang sangat besar saat ini bukan berarti Anda bisa santai. Akan tetapi Anda tetap harus menyiapkan rencana kontingensi yang bisa dilakukan untuk menghadapi kejadian tak terduga.

Anda harus tahu bahwa masing – masing bisnis memiliki prosedur manajemen resiko yang berbeda dan harus ditetapkan sesuai dengan pandangan praktis serta objektif terkait dengan kebutuhan modal kerja Anda. Anda juga harus punya beberapa plan dan strategi yang bisa dilakukan jika ada masalah yang terjadi pada bisnis Anda.

Bagi Anda pengusaha pemula, itulah beberapaStrategi Mengelola Modal Usaha Bagi Pengusaha Pemula yang penting Anda tahu. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang bermanfaat dan menginspirasi Anda khususnya yang baru atau akan merintis usaha.

Kesalahan Pengusaha Startup yang Perlu Dihindari

Kesalahan memang hal yang wajar. Akan tetapi bagi pemula, mempelajari kesalahan dari orang – orang yang terlebih dahulu membangun sebuah bisnis startup misalnya harus dilakukan. Dengan mempelajarinya tentu kesalahan pengusaha startup yang perlu dihindari dapat diminimalisir agar tidak terjadi.

Mengenai apa saja kesalahan pengusaha startup dalam memulai sebuah bisnis, kami akan bagikan dalam informasi selengkapnya di bawah ini. So, let’s check these out!

5 Kesalahan Pengusaha Startup yang Perlu Dihindari

1. Memulai tanpa ada rencana cadangan

Memulai sebuah bisnis hanya dengan satu plan artinya sama saja dengan memulai sebuah bisnis hanya mengandalkan satu kaki. Jika satu kaki tidak bisa menopang keseluruhan dasar meja, tentu bisnis akan mudah tumbang.

Yang jadi masalah adalah bahwa kebanyakan pengusaha startup melakukan kesalahan yang sama. Memiliki rencana yang sangat matang namun tidak mempersiapkan rencana cadangan. Padahal sematang apapun rencana tersebut kemungkinan untuk gagal pasti ada sehingga rencana cadangan pun masih sangat diperlukan.

2. Tidak memiliki kestabilan dalam mengejar strategi

Banyak pengusaha pemula yang berusaha mengejar rencana tanpa memiliki stabilisasi atas strategi dalam penyesuaian atau pelaksanaan mengejar rencana tersebut. Akhirnya bisnisnya akan mudah tumbang karena tak ada strategi yang tepat untuk dijalankan.

Dalam menjalankan sebuah rencana, planning diperlukan. Jangan juga mengubah metode terlalu cepat karena hal tersebut dalam perjalanan bisnis dapat menjadi salah satu aspek yang menghambat tumbuh kembang dari bisnis itu sendiri.

Beragam metode baru pun perlu dipelajari sebelum diterapkan. Atas metode yang akan diterapkan pun harus diberi suatu waktu dan lakukan lebih banyak upaya untuk mendapatkan hasil lebih banyak dari yang diinginkan.

3. Tidak memiliki dana darurat yang cukup

Memulai sebuah bisnis biasanya butuh uang dalam jumlah besar sebagai modal yang diperlukan. Oleh sebab itu pastikan selain Anda punya modal, Anda juga sudah menyiapkan cadangan modal agar ketika terjadi suatu masalah Anda bisa menjadikan cadangan modal atau yang juga sering disebut sebagai dana darurat tersebut sebagai solusinya.

Dengan begitu Anda tidak akan memiliki hutang karena semuanya telah tercover dengan dana darurat yang sebelumnya telah Anda siapkan.

4. Hanya terfokus pada hasil

Bisnis atau usaha tidak hanya tentang merancang suatu konsep melainkan juga tentang bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk merealisasikan apa yang sudah terkonsep. Utamanya kesalahan pengusaha startup yang perlu dihindari adalah hanya terfokus pada hasil karena banyak pengusaha pemula yang hanya terfokus pada hal tersebut.

Terfokus pada hasil tidak akan menjadi solusi perkembangan bisnis. Jadi, alih – alih memikirkan hasil Anda harus mulai mengubah mindset untuk bekerja maksimal dan bisa menjalankan bisnis dengan dasar yang benar agar tidak berpotensi mengalami kerugian. Utamanya di awal bisnis dijalankan karena akan banyak biaya yang masih perlu dikeluarkan dalam memaksimalkannya.

5. Tidak terorganisir

Menjalankan apapun itu harus ada timing dan tindakan mengorganisir yang tepat. Jangan menjalankan sesuatu tanpa rencana. Memang sih sebagian orang yang melakukan sesuatu tanpa rencana bisa berhasil, namun tentu yang gagal juga banyak.

Oleh sebab itu menjalankan sesuatu secara terorganisir harus dilakukan. Jadi dalam menjalankan bisnis startup kesalahan pengusaha startup yang perlu dihindari salah satunya juga yang penting adalah tidak terorganisir.

Anda harus mulai membuat daftar tugas harian, hal apa saja yang akan dilakukan hari ini dan esok dan masih banyak lagi dan buat semuanya sesuai dengan skala prioritas.

Itulah berbagai kesalahan pengusaha startup yang perlu dihindari. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi ulasan yang menginspirasi dan membawa manfaat.

Rekomendasi Usaha Modal 5 Juta yang Menjanjikan

Memiliki modal usaha di bawah 5 juta rupiah namun masih bingung akan memulai usaha darimana dan dalam bidang apa? Bagi Anda yang merasa mengalami hal demikian, kali ini kami punya rekomendasi usaha modal 5 juta yang menjanjikan.

Jadi memulai suatu usaha tidak harus menunggu modal terkumpul sampai puluhan juta rupiah. Jika Anda punya budget minim, coba saja cari jenis usaha apa yang sesuai dengan passion dan pastinya budget yang Anda punya. Kali ini kami bagikan rekomendasinya untuk Anda. Let’s check these out!

Ini loh Rekomendasi Usaha Modal 5 Juta yang Menjanjikan

Yuk langsung simak aja dibawah ini. mungkin ada salah satu usaha yang bakal cocok untuk kamu coba.

Usaha catering rumahan

Rekomendasi usaha modal 5 juta yang menjanjikan pertama adalah usaha di bidang kuliner. Sebagaimana yang kita tahu bahwa usaha kuliner tidak ada matinya. Anda bisa mulai mencoba untuk menjalankan usaha catering rumahan yang minim resiko.

Mengapa minim resiko? Hal tersebut karena dengan menjalankan usaha catering artinya Anda bisa menjalankan usaha kuliner tanpa harus menyiapkan suatu produk secara utuh. Jadi Anda hanya akan membuat suatu produk sesuai dengan pesanan. Hanya saja di awal memulai usaha tentu Anda harus membuat sample produk terlebih dahulu.

Nantinya sample produk tersebut akan Anda foto atau Anda pajang di status, banner atau pun di sosial media usaha Anda untuk menarik minat banyak orang dan membuat orang – orang tidak ragu dengan produk yang Anda jual karena sudah ada samplenya jika mereka tertarik memesan.

Bisnis makanan ringan

Jika Anda ingin menjalankan bisnis dengan metode stock produk namun tidak mudah basi, maka solusinya adalah menjalankan bisnis makanan ringan. Modalnya bahkan tidak lebih dari satu juta rupiah.

Berbagai ide makanan ringan bisa Anda jual mulai dari keripik, basreng atau baso goreng, seblak kering, aneka kue kering, kue sus dan berbagai makanan ringan lainnya. Anda bisa menjual produk yang Anda buat sendiri atau bahkan menjadi reseller, sesuaikan saja dengan kemampuan Anda.

Menjadi reseller

Ada banyak produk yang bisa Anda jual kembali sebagai reseller mulai dari pakaian, aksesoris, perlengkapan bayi, produk makanan ringan, produk kosmetik dan sebagainya. Dengan menjadi reseller manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah Anda tidak perlu memikirkan bagaimana brandingnya.

Anda hanya tinggal perlu menentukan produk apa yang sekiranya memiliki peminat cukup banyak kemudian Anda mempromosikannya. Menjadi reseller akan jauh lebih mudah jika Anda sudah punya database pelanggan yang banyak.

Bisnis thrift

Thrifting atau berbelanja pakaian bekas layak pakai sekarang memang sedang menjadi tren karena harganya yang sangat murah sehingga menjadikan orang lebih banyak memilih untuk menjalankan bisnis ini.

Jika Anda juga menginginkannya, Anda bisa mencari supplier pakaian bekas yang masih layak pakai dan Anda harus usahakan untuk mendapatkan pakaian bermerk supaya banyak dicari orang. Mengenai cara penjualannya sangat beragam bisa secara online, offline dan sebagainya.

Bisnis hijab dan busana muslim

Tren hijab sudah merebak di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir ini. Bagi Anda yang merasa memiliki ketertarikan dengan hijab, bisa memulai usaha modal 5 juta yang menjanjikan ini sekarang juga.

Anda bisa menjual busana dan hijab milik orang lain alias menjadi reseller atau dropshipper. Namun jika Anda merasa ingin memiliki brand sendiri bisa memulai usaha dengan brand Anda sendiri. Namun ingat, jika Anda berniat untuk memulai usaha hijab dan fashion dengan brand sendiri banyak PR yang perlu Anda pelajari utamanya di sektor marketing dan branding karena mengenalkan dan mencari customer loyal untuk membeli produk yang baru saja dirilis itu bukan hal yang mudah dan penuh tantangan.

Itulah beberapa rekomendasi usaha modal 5 juta menjanjikan yang bisa menjadi ide bisnis menarik Anda. Semoga menjadi informasi yang dapat memberikan inspirasi positif khususnya bagi Anda para pembaca.

Macam – Macam Sumber Pendanaan Startup

Semua bisnis tentu perlu modal untuk membangun dan mengembangkan usahanya. Sama halnya dengan sebuah bisnis startup, tentu butuh modal yang tidak sedikit. Hanya saja permasalahan modal seringkali menjadi kendala dalam mendirikan bisnis startup. Oleh sebab itu bagi Anda yang berniat mendirikan bisnis startup perlu tahu dulu macam – macam sumber pendanaan startup.

Tidak harus dari kantong sendiri kok karena sumber dananya bisa dari berbagai macam penjuru. Pada kesempatan kali ini kami akan berikan informasi dan ulasan selengkapnya untuk Anda!

Mengenal Macam – Macam Sumber Pendanaan Startup

Macam - Macam Sumber Pendanaan Startup

Boostrapping

Bootstrapping merupakan metode pengembangan startup tanpa menarik investasi dan mengandalkan modal seadanya dari kantong pribadi. Sehingga, sumber pendanaan yang satu ini lebih dari sekitar 80% biaya operasionalnya dikeluarkan oleh founder startup itu sendiri.

Untuk usaha startup pemula yang memang ingin kepemilikan usahanya 100% milik pribadi macam – macam sumber pendanaan startup ini memang banyak dipilih. Namun jenis pendanaan ini tentu memiliki kekurangan yaitu modal yang terbatas dan tidak ada sokongan dana yang bisa didapatkan.

Seed funding 

Jika pengusaha startup butuh suntikan dana tidak hanya dari modal pribadi, maka metode atau sumber dana tersebut bisa dikatakan sebagai metode pendanaan secara seed funding. Pendiri akan mendapatkan suntikan dana yang cukup besar untuk mengembangkan dan menjalankan usaha yang telah dirintis.

Jadi putaran investasi pertama dari usaha yang dijalankan berasal dari investor eksternal. Biasanya proses pitching ke investor akan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan sumber pendanaan secara eksternal.

Venture capital

Sumber pendanaan venture capital merupakan suatu sumber pendanaan startup yang diberikan kepada perusahaan rintisan yang dianggap memiliki potensi untuk bisa berkembang pesat. Nah sumber dana yang diberikan tersebut didapatkan dari perusahaan modal ventura serta dari pihak yang memberikan dana.

Darimana modal ventura mendapatkan dana? Modal ventura tersebut mendapatkan sokongan dana dari LP atau limited partner yang di dalamnya berisi orang – orang kaya dan perusahaan besar. Namun tentu akan ada hitung – hitungan pembagian keuntungan jika perusahaan sudah berjalan karena tentu mereka pemberi modal mengharapkan keuntungan dari modal yang telah disertakan atau diinvestasikan tadi.

Pendanaan Seri A

Seri dana A merupakan pendanaan ventura capital yang baru dirintis untuk mencapai tujuan bisnis secara lebih baik. Jenis pendanaan ini memungkinkan bagi setiap founder startup untuk memperluas jangkauan dan memberikan ciri khas dari produk yang diluncurkannya.

Pendanaan seri A sendiri bertujuan agar pertumbuhan revenue terus dapat berkembang pesat dan mampu melakukan inovasi demi inovasi secara lebih baik serta bertujuan untuk memperluas jangkauan produk.

Pendanaan Seri B 

Perusahaan pada tahap ini sudah memiliki pendapatan yang relatif teratur. Pendanaan ini tujuannya adalah dalam rangka pengembangan suatu bisnis lebih jauh supaya dapat bekerja dengan baik dan tidak gampang buyar.

Pendanaan Seri C

Dalam pendanaan seri C biasanya sebuah perusahaan sudah memiliki jalur pertumbuhannya sendiri. Biasanya pendanaan seri C digunakan untuk tujuan mengembangkan usaha jauh lebih besar lagi dan terkadang juga bertujuan untuk bisa mengakuisisi startup yang lain seperti yang sudah banyak dilakukan di perusahaan luar negeri.

Saham Initial Public Offering (IPO)

IPO atau initial public offering merupakan suatu tahap pendanaan puncak dari sebuah bisnis startup. Jadi, IPO merupakan proses penjualan saham ke publik untuk pertama kalinya dan pada tahap ini perusahaan startup sudah menjadi perusahaan public yang memperjualbelikan kepemilikan sahamnya.

Itulah macam – macam sumber pendanaan startup. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat.