Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Memilih Blender Kapsul yang Aman Digunakan

 

Panduan Memilih Blender Kapsul yang Aman Digunakan

Blender kapsul menjadi alat elektronik yang belakangan sedang menjadi tren. Blender yang mudah digunakan ini banyak dicari ibu rumah tangga karena punya banyak kelebihan. Anda yang berniat untuk membeli blender jenis ini, harus tahu kelebihan dan kekurangannya.

Sesuai dengan namanya, blender ini punya ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan blender pada umumnya. Ukurannya yang mini inilah yang menjadi nilai lebihnya, sebab bisa digunakan di berbagai kesempatan.

Agar tak salah dalam membeli blender ini, Anda bisa menggunakan cara-cara berikut. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan blender jenis kapsul yang sesuai dengan kebutuhan harian.

Keunggulan Kapsul Blender

Lebih Simpel dan Hemat Listrik

Karena ukurannya yang minimalis, blender kapsul merupakan jenis blender yang hemat listrik. Mesin motornya yang kecil tak akan memakan banyak daya, sehingga bisa menghemat biaya bulanan untuk listrik.

Tak hanya itu, teknis pengoperasiannya juga tak sulit, meskipun Anda baru pertama kali menggunakan alat ini. Dengan kesederhanannya, proses menghaluskan berbagai makanan bisa dilakukan dengan lebih ringkas dan simpel.

Harga yang Terjangkau

Keunggulan lainnya untuk blender ini adalah harganya yang tak begitu mahal. Meski harganya terjangkau, kualitasnya tentu tak terlalu buruk. Beberapa blender bahkan memiliki fungsi khusus yang bisa memudahkan pekerjaan memasak.

Desain yang Cantik

Tentunya ada harga blender yang mahal dari jenis ini, harga tersebut biasanya sebanding dengan desainnya yang cantik dan fungsinya yang beragam. Meski cantik, fungsinya tetap berjalan dengan baik.

Ada blender yang menggunakan bahan plastik, tapi umumnya ada pula yang menggunakan bahan besi. Sebaiknya pilih dari bahan besi meski harganya sedikit mahal agar tak mudah rusak ketika digunakan.

Kekurangan Blender Kapsul

Meski memiliki banyak kelebihan, bukan berarti blender ini tak punya kekurangan. Kekuatan putarnya cukup lemah, jadi tak bisa memblender hingga halus dan lembut sebagaimana blender pada umumnya. Fiturnya juga terbatas, ini karena ukurannya yang kecil dan minimalis.

Kapasitasnya juga tak terlalu besar, jadi Anda tak bisa memasukkan banyak bahan di dalamnya. Meski memiliki banyak kekurangan, blender kapsul tetap bisa Anda minimalisir dengan memilih bahan yang mudah di blender dengan jumlah yang tak terlalu besar.

Cara Memilih Blender Kapsul

Tak sulit untuk memilih blender ini, cara memilihnya tak jauh berbeda dengan blender konvensional pada umumnya, diantaranya adalah:

Pertimbangkan Kapasitas Blender

Biasanya blender jenis kapsul punya ukuran yang minimalis, karena itu pertimbangkan kapasitas blender yang akan dipilih. Usahakan tak memilih terlalu kecil agar Anda tak perlu berulang kali menghaluskan bahan makanan.

Perhatikan juga kapasitas jar dari blender kapsul yang Anda gunakan. Agar hemat waktu, pilih blender jenis kapsul dengan jar yang besar. Dengan begitu Anda bisa lebih hemat waktu ketika memblender smooties ataupun jus.

Sesuaikan dengan Daya Motor

Jangan lupa untuk memperhatikan daya motor blender sebelum Anda beli, sehingga hasilnya sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Daya motor akan mempengaruhi putaran blender yang Anda miliki, makin cepat tentu makin halus.

Anda bisa mengetahui besaran daya motor dengan memperhatikan informasi di bungkus atau kardus blender. Jika tak ada, Anda Bisa bertanya kepada seller penjual blender tersebut, sehingga bisa mendapatkan informasi yang valid.

Periksa Bentuk Mata Pisau

Sebaga hand blender, blender jenis ini tetap dilengkapi dengan mata pisau di dalam mesinnya. Perhatikan mata pisau tersebut dengan teliti, umumnya ada tiga jenis mata pisau dalam blender, yakni mode bergelombang, pipih, dan juga bergerigi.

Anda bisa menyesuaikan bentuk mata pisau dengan bahan makanan seperti apa yang ingin Anda hancurkan. Jika ingin memblender buah buahan atau sayur yang lunak, pisau dari jenis gelombang sudah bisa menghancurkan sampai halus.

Perhatikan Material Jar dari Blender Tersebut

Umumnya jar blender terbuat dari kaca atau plastik, Anda bisa menyesuaikan bahannya sesuai dengan kebutuhan. Jika memilih menggunakan jar kaca, maka Anda akan mendapatkan blender yang tak mudah bau dan aman dari goresan.

Jar berbahan kaca tentuya lebih awet dan higienis, bisa menjadi pilihan Anda yang tak ingin ada bau tak sedap pada blender. Berbeda jika Anda ingin blender yang ringan, jar dari plastik bisa Anda pertimbangkan karena bisa jadi blender portable.

Blender jenis ini tentu lebih mudah Anda bawa kemana-mana, namun kekurangannya ia cepat bau karena aroma makanan terjebak di dalamnya. Kini sudah tersedia bahan tambahan yang bisa Anda pertimbangkan, yakni tritan.

Bahan tersebut merupakan kombinasi antara bahan kaca dan plastik, yang tentunya lebih unggul. Ini merupakan bahan sintesis baru yang sudah mulai diterapkan pada blender jenis kapsul. Tentunya harganya jauh lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

Pilih Blender yang Mudah Dicuci

Anda bisa mempertimbangkan memilih blender kapsul yang mudah dicuci. Blender ini akan membuat aktifitas membersihkan blender jadi lebih mudah karena waktunya pembersihan yang lebih ringkas.

Pilih blender yang bentuknya sederhana, baik jar atau mata pisaunya agar tak sulit untuk membersihkan setelah pemakaian. Anda bisa menggunakan blender jenis kapsul yang bisa dibongkar pasang untuk mendapatkan pembersihan maksimal.

Pilih yang Ada Fitur Pengaman

Untuk mendapatkan blender terbaik, Anda bisa menggunakan blender yang memiliki fitur pengaman. Blender ini akan mencegah pengguna secara tak sengaja melukai dirinya ketika menggunakan blender atau ketika blender dibersihkan.

Blender kapsul umumnya aman digunakan karena tak menggunakan bahan pisau yang tajam. Namun Anda bisa mempertimbangkan menggunakan blender dengan fitur pengamanan khusus jika tinggal dengan anak-anak.

Cek Aksesori Tambahan

Makin mahal harga suatu blender, maka makin banyak pula fitur yang ada di dalamnya. Karena alasan inilah, kadang banyak blender memiliki aksesori tambahan, yang utamanya bisa menambah nilai dan fungsi blender.

Misalnya ada blender yang punya kemampuan untuk mengubah arah mata pisau. Dengan fitur dan aksesoris tambahan ini, Anda bisa mengatur blender sesuai dengan kebutuhan ketika hendak memblender bahan makanan.

Anda juga bisa mempertimbangkan jar blender kapsul yang Anda gunakan. Misalnya menggunakan jar dry mill untuk menggiling bumbu yang kering, atau memilih menggunakan jar wet mill untuk bahan makanan yang basah.

Kini untuk mendapatkan blender jenis kapsul tak lagi sulit buat dilakukan. Anda bisa melakukan pembelian di e-commerce ataupun di toko elektronik rumah tangga yang menyediakan. Harganya juga tak begitu mahal, jauh lebih murah dibandingkan dengan blender konvensional.

Anda bisa menggunakan blender untuk memudahkan aktifitas harian, misalnya membuat jus, smooties atau menghancurkan bumbu masakan dapur. Tentu lebih ringkas menggunakan blender jenis kapsul karena tak membutuhkan ruang yang besar.

Informasi mengenai blender kapsul diatas semoga bisa membantu Anda yang ingin membelinya dalam waktu dekat. Pilih blender yang sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa pertimbangkan budget untuk mendapatkan yang terbaik.