Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kamera yang Tidak Bisa Memotret


Cara Mengatasi Kamera yang Tidak Bisa Memotret
- Mengabadikan momen dalam sebuah foto, sekarang sudah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan smartphone android. Bahkan hasil jepretan foto dari kamera di HP android ini berkualitas bagus, tidak kalah dengan hasil protret dari kamera DSLR. Selain memotret, kamera di smartphone android juga bisa digunakan untuk merekam video, tentu dengan hasil video yang berkualitas bagus.

Akan tetapi, terkadang kamera pada HP android ini mengalami masalah error yang mengganggu kenyamanan pengguna. Salah satunya kamera yang tidak bisa digunakan untuk memotret foto ataupun video. Lantas, bagaimana cara mengatasi kamera tidak bisa memotret di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Kamera yang Tidak Bisa Memotret

Kamera HP yang tidak bisa digunakan untuk mengambil foto atau video seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Baik itu dikarenakan memori HP penuh, aplikasi kamera mengalami error, bug pada sistem android atau yang lain sebagainya. Berikut ini cara mengatasi kamera yang tidak bisa memotret di android tersebut, yakni:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi masalah kamera HP tidak bisa memotret yakni dengan melakukan restart. Kamera biasanya akan langsung berfungsi normal kembali setelah HP melakukan restart.

Tidak hanya masalah error pada kamera, melakukan restart HP android juga diklaim cukup ampuh mengatasi masalah error lainnya. Selain itu, cara ini juga akan meningkatkan performa kinerja HP android menjadi lebih responsive.

2. Pastikan Memori HP Cukup

Penyebab kamera HP yang tidak bisa digunakan untuk mengambil foto atau video, bisa juga karena memorinya penuh. Jika memori internal HP sudah penuh, maka Anda bisa mengatur penyimpanan foto dan video default dari kamera ke memori eksternal.

Atau bisa juga menghapus / memindahkan file yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal atau SD Card. Biasanya setelah tersedia ruang kosong di memori HP, kamera akan berfungsi normal dan bisa melakukan pemotretan.

3. Hapus Cache Aplikasi Kamera

File cache yang menumpuk bisa saja menjadi penyebab aplikasi kamera error. Sebaiknya Anda hapus saja file cache atau sampah yang tersimpan di aplikasi kamera tersebut. Cara untuk menghapusnya sendiri, yakni:

·         Buka menu Pengaturan di HP android.

·         Masuk ke opsi Aplikasi Terinstall.

·         Cari dan pilih aplikasi Kamera yang error tidak bisa memotret.

·         Selanjutnya masuk ke opsi Penyimpanan.

·         Dan terakhir klik Hapus Cache atau Hapus Memori

·         Selesai.

4. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Kamera

Menghapus file cache dari kamera belum ampuh mengatasi masalah error tersebut? Kalau begitu Anda bisa coba trik satu ini. Anda bisa menghentikan aplikasi secara paksa, kemudian menghapus semua data yang tersimpan di dalamnya. untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

·         Buka menu Pengaturan di HP android.

·         Klik pada opsi Aplikasi Terinstall.

·         Cari dan pilih aplikasi Kamera yang error.

·         Klik tombol Paksa Berhenti.

·         Lanjut masuk ke opsi Penyimpanan.

·         Dan terakhir klik Hapus Data.

·         Selesai.

5. Lakukan Reset HP Android

Dan cara yang terakhir untuk mengatasi kamera HP android tidak bisa memotret yang terakhir yakni dengan melakukan reset. HP akan dikembalikan lagi ke pengaturan awal pabrik, sehingga semua data di dalamnya akan dihapus secara permanen.

Untuk langkah-langkah melakukan reset HP android tersebut, yakni:

·         Buka menu Pengaturan di HP.

·         Masuk ke opsi Manajemen Umum.

·         Pilih opsi Reset.

·         Dan pilih Reset Data Pabrik.

·         Selesai.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi kamera yang tidak bisa memotret yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.