Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi HP yang Terkena Air Baterai Tanam


Cara Mengatasi HP yang Terkena Air Baterai Tanam
- Dewasa ini ada banyak sekali tipe HP android yang dijual di pasaran, mulai dari HP kelas low-end, mid-end hingga high-end. Harga yang ditawarkannya bermacam-macamm mulai dari harga murah hingga mahal. Harganya ini tergantung dari spesifikasi yang disematkan di dalam smartphone. Beberapa tipe HP memiliki keunggulan tersendiri, misalnya saja dukungan baterai dengan kapasitas jumbo. Untuk soal baterai, kebanyakan HP keluaran terbaru dibekali dengan baterai tanam.

Mengoperasikan smartphone android, mungkin Anda tidak sengaja menjatuhkan HP ke dalam air atau ketumpahan minuman. Pada kondisi seperti ini, langkah tepat perlu dilakukan untuk menyelamatkan HP. Berikut ini cara mengatasi HP yang terkena air baterai tanam yang bisa Anda terapkan agar HP tetap hidup dan normal.

Cara Mengatasi HP yang Terkena Air Baterai Tanam

Ada beberapa langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan HP yang terkena atau terendam air. Jangan sembarangan melakukan sesuatu yang justru akan menyebabkan HP mati. Adapun cara mengatasi HP yang terkena air baterai tanam selengkapnya, sebagai berikut:

1. Langsung Matikan HP Android

Penanganan pertama saat HP terkena air atau tenggelam yakni dengan segera mengangkatnya. Setelah itu, langsung Anda matikan HP tersebut jika masih dalam keadaan menyala. Tekan tombol Powernya beberapa saat, kemudian pilih Matikan Daya.

Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah HP mengalami korsleting karena air yang masuk. Mematikan daya HP akan memutus aliran listrik sehingga air tidak akan merusak komponen dalam HP.

2. Jangan Mengguncang HP

Hal lainnya yang sering dilakukan pengguna saat HP-nya terkena atau terjatuh ke dalam air yakni mengguncang-guncangkannya dengan keras. Cara ini mereka lakukan untuk upaya mengeluarkan air yang masuk ke dalam HP. Nyatanya hal ini salah besar, justru mengguncang HP dengan keras dan cepat akan membuat air semakin masuk ke komponen terdalam pada HP.

Sebaiknya jangan lagi Anda lakukan hal tersebut agar air tidak semakin masuk ke dalam. Kita tahu komponen listrik yang ada di dalam HP jika terkena air, tentunya akan mengalami korsleting dan rusak.

3. Lepas Casing Jika Perlu

Langkah tepat berikutnya ketika HP terkena air yakni dengan melepas casing belakang HP. Untuk HP dengan baterai tanam, biasanya casing belakang HP ini diberi perekat sehingga agak susah untuk melepasnya.

Gunakan congkelan untuk membuka casing bagian belakang HP tersebut. Jika sudah, Anda lepaskan konektor baterai dan lepaskan dari bodi HP. Cara ini dilakukan untuk semakin memaksimalkan pencegahan korsleting listrik yang bisa terjadi pada HP.

4. Gunakan Beras atau Silica Gel

Kedua bahan ini sangat direkomendasikan untuk digunakan mengeringkan air yang masuk ke dalam HP. Jika memilih media beras, Anda kubur saja HP yang terkena air di dalam beras secukupnya. Pastikan HP dalam keadaan mati dan diamkan HP terkubur beras selama 2 hingga 3 hari.

Sementara jika menggunakan media silica gel, Anda tinggal menyimpan HP yang terkena air dengan silica gel di dalam satu wadah. Gunakan wadah yang memiliki penutup dan biarkan HP bersama silica gel berada di dalamnya selama 1 hingga 3 hari. Sama seperti beras, silica gel juga berfungsi untuk menyerap air dan suhu lembap yang ada di dalam komponen HP.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP yang terkena air baterai tanam yang mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.