Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Android Gagal Booting


Cara Mengatasi Android Gagal Booting
- Sebagian besar masyarakat modern sekarang ini kebanyakan tidak bisa terlepas dari yang namanya gadget, khususnya smartphone android. Bagaimana tidak? Hampir setiap waktu mereka terus memainkan smartphonenya, bahkan dalam waktu yang cukup lama. Tidak heran karena memang smartphone android khususnya telah dibekali dengan banyak fitur canggih yang semakin memanjakan para penggunanya.

Namun, ada kalanya HP android mengalami masalah error sehingga membuatnya tidak bisa berfungsi secara maksimal. Misalnya saja HP android yang mengalami gagal booting dan tidak bisa masuk ke layar menu utama HP. Lantas, bagaimana cara mengatasi android gagal booting tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengatasi Android Gagal Booting

Android yang gagal melakukan booting seperti ini dikenal juga dengan istilah android bootloop. Pada saat proses booting android mengalami kegagalan sehingga tidak bisa menampilkan layar menu utama, melainkan hanya menampilkan gambar logo brand saja. Adapun cara mengatasi android gagal booting tersebut, yakni:

1. Lakukan Restart HP Android

Cara yang pertama untuk mengatasi android gagal booting atau bootloop yakni dengan melakukan restart. Cara melakukannya mungkin agak berbeda dengan restart pada HP yang sudah menyala.

Untuk cara melakukan restart pada HP android yang mengalami kegagalan saat booting yakni dengan menekan tombol Power selama beberapa detik. Tekan terus tombol tersebut hingga layar HP mati, kemudian hidupkan lagi HP seperti biasa. Nantinya HP akan mengulang proses booting dari awal. Biasanya dengan cara ini HP kembali bisa masuk ke layar utama dan bisa Anda operasikan seperti biasa.

2. Lakukan Factory Reset HP Android

Jika melakukan restart seperti yang dijelaskan di atas, namun HP tetap mengalami gagal booting, maka Anda bisa mencoba alternatif kedua ini. Anda harus melakukan factory reset atau hard reset pada HP android, di mana cara ini akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik.

Untuk melakukan factory reset pada HP android tersebut terbilang sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

·         Matikan HP yang gagal booting dengan menekan tombol Power selama beberapa detik.

·         Jika sudah mati, sekarang Anda Tekan dan Tahan tombol Power + Volume Atas (beberapa HP menggunakan tombol Power + Volume Bawa) selama beberapa detik hingga muncul tampilan di layar.

·         Saat halaman Recovery Mode di tampilkan, selanjutnya Anda pilih opsi Wipe Data / Factory Reset.

·         Kemudian konfirmasi factory reset HP dengan pilih Yes, Wipe Data All.

·         Tunggu sampai proses reset selesai, kemudian Anda pilih Reboot System Now

·         Selesai.

3. Lakukan Flashing HP Android

Jika kedua cara di atas masih belum ampuh juga, maka Anda bisa mencoba melakukan flashing ulang HP android. Cara ini tidak hanya akan menghapus data dan mengembalikan HP ke setelan awal pabrik, melainkan juga akan mengganti stock ROM yang digunakan di HP.

Untuk melakukan flashing HP android ini sendiri bisa dilakukan dengan 2 metode, yakni dengan bantuan PC dan tanpa menggunakan PC. Biasanya Anda butuh software atau aplikasi Flash Tool untuk melakukannya. Selain itu, Anda juga perlu mengunduh file ROM original sesuai tipe HP yang Anda miliki. Anda bisa mengunduh file ROM atau firmware tersebut di situs resmi brand HP.

Itulah tadi cara mengatasi android gagal booting yang mudah dan ampuh bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.